Sambas, Kalbar (ANTARA News) - Antrean panjang kendaraan hingga puluhan meter masih mewarnai angkutan penyeberangan feri menggunakan Kapal Motor Pelayaran Lemuru di Dermaga Teluk Kalong - Tanjung Harapan, Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu.

Staf Dinas Perhubungan dan Informatika, Kabupaten Sambas, Suryadi Saleh, memperkirakan antrean panjang dari arus balik Lebaran tahun 2014, puncaknya hari Minggu besok (3/8).

"Besok puncaknya arus balik Lebaran tahun ini, karena Senin (4/8) para PNS dan pegawai swasta lainnya sudah mulai beraktivitas kembali setelah menjalani libur panjang Lebaran.

Suryadi menambahkan pihaknya sudah menambah jam pelayanan, sehubungan meningkatnya jumlah penumpang menggunakan kendaraan roda empat untuk menggunakan jasa penyeberangan feri sepanjang arus mudik dan balik Lebaran.

"Penambahan jam pelayanan kami lakukan karena banyaknya antrean kendaraan roda empat dan dua yang akan menyeberang dari arah Dermaga Tanjung Harapan tujuan Dermaga Teluk Kalong maupun sebaliknya," ungkapnya.

Penambahan jam pelayanan tersebut, dari yang biasanya mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, kini diperpanjang hingga pukul 23.00 WIB, kata Suryadi.

"Selain melakukan penambahan jam pelayanan KMP feri Lemuru juga membatasi mengangkut kendaraan roda dua karena kendaraan itu bisa menggunakan jasa kapal motor klotok," ujarnya.

KMP feri Lemuru hanya mampu menampung sekitar lima 10 unit mobil pribadi, dan belasan unit kendaraan roda dua.

Kecamatan Teluk Keramat dan Paloh yang hingga kini masih putus karena jembatan penghubung yang telah selesai dibangun belum juga bisa dilewati kendaraan roda empat, karena akses jalannya masih belum mendukung atau belum dibangun.

Penyeberangan menggunakan jasa feri KMP Lemuru merupakan satu-satunya akses untuk menuju Kecamatan Teluk Keramat dan Paloh.

(A057/R010)

Pewarta: Andilala
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014