Sukabumi, Jawa Barat (ANTARA News) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mencatat, rata-rata 200 sepeda motor keluar dari Sukabumi setiap 15 menit menuju arah Bogor atau Jagorawi.

"Puncak arus balik lebaran ini kendaraan yang keluar dari Sukabumi arah Bogor melonjak, mayoritas kendaraan yang melalui jalur utama mudik Sukabumi ini adalah sepeda motor," kata Kepala Seksi Pengendalian Operasi Dishubkominfo, Asep Sumantri, di Sukabumi, Minggu.

"Untuk kendaraan roda empat dan lebih dari hasil survei dan penghitungan kami di pos pemantauan di Desa Benda, Kecamatan Cicurug yang merupakan daerah perbatasan Sukabumi-Bogor setiap 15 menit ada sekitar 100 mobil keluar dari Sukabumi," tambahnya.

Pada pada puncak arus balik ini pihaknya juga mengimbau kepada seluruh pemudik agar selalu berhati-hati dan tidak memaksakan diri untuk mengemudi jika kondisi badan sudah lelah dan mengantuk. 

Selain itu, sudah dipastikan akan terjadi kepadatan kendaraan yang bisa menguras energi, maka dari itu pemudik atau pengemudi lebib baik beristirahat di lokasi yang aman seperti tempat ibadah maupun posko mudik.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014