Jakarta (ANTARA News) - Situasi di Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat, Minggu, normal dan belum terlihat lonjakan kedatangan penumpang di hari terakhir libur Lebaran ini.

"Belum ada lonjakan arus balik, masih normal-normal saja sampai saat ini," kata Komandan Regu Terminal Kalideres Paryono, di Jakarta, Minggu.

Paryono, yang mewakili kepala terminal, mengatakan puncak arus balik seharusnya terjadi pada Minggu pagi. Namun, kemungkinan karena kemacetan di sejumlah daerah, maka hingga saat ini arus balik diperkirakan berlangsung merata hingga Senin pagi.

"Biasanya pagi-pagi sekitar pukul 05.00 WIB bus dari Jawa dan Sumatera sudah datang semua. Tapi ini tidak semua tepat waktu. Sampai siang ini baru berdatangan," katanya.

Kedatangan bus yang terlambat itu, menurut Paryono, terjadi akibat kemacetan di Jembatan Comal yang belum sempurna serta padatnya kendaraan menuju kapal penyeberangan dari Sumatera ke Jawa.

Data yang dimiliki pihak Terminal Bus Kalideres menunjukkan, pada Sabtu (2/8), tercatat ada 5.772 penumpang yang tiba di terminal itu dengan menggunakan 517 bus.

Sementara, pada hari yang sama, tercatat ada 2.056 penumpang yang berangkat dari terminal itu dengan menggunakan 393 bus.

Ada pun untuk data kedatangan dan pemberangkatan H+5 atau Minggu (3/8) baru akan dicatat setelah pukul 13.00 WIB.

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014