Painan, Sumbar, (ANTARA News) - Pengunjung objek wisata Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, membludak pada libur lebaran Idul Fitri 1435 Hijriyah.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pemuda Olah Raga Seni Budaya dan Pariwisata Pesisir Selatan Devi Fachriardi di Painan, Senin, mengatakan rata-rata pengunjung ke objek wisata tersebut sebanyak 35 ribu orang per hari selama tujuh hari hingga Minggu (3/8).

Menurutnya, pada hari pertama Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriyah yakni Senin (28/7), pengunjung objek wisata andalan Pesisir Selatan itu hanya sekitar 50 persen dibanding hari ke duanya.

"Hari pertama lebaran Idul Fitri 1435 Hijriyah, meski pengunjung objek wisata itu sudah mulai ramai, namun jumlahnya hanya sekitar 16 ribu orang karena pada hari itu masyarakat masih melakukan aktivitas saling berkunjung ke rumah-rumah saudara dan keluarga lainnya untuk bersilaturrahmi, " katanya.

Antusias masyarakat terlihat semakin ramai berkunjung ke Pantai Carocok yakni pada hari kedua hingga keempat lebaran 1435 Hijriyah.

Pada hari-hari tersebut antrean panjang kendaraan tidak lagi terbendung di areal parkir kawasan pantai yang luasnya mencapai empat hektare itu sehingga melimpah ke ruas jalan yang ada di sekitar kawasan.

Mengingat padatnya pengunjung pada hari-hari tersebut, maka seluruh petugas yang bertugas di lokaPantai Caropcok langsung melakukan pengaturan arus kendaraan.

Tidak itu saja, beberapa ruas jalan yang berjarak radius satu kilometer di sekitar Kota Painan (Pusat kabupaten) dimanfaatkan sebagai areal parkir kendaraan pengunjung.

Sementara Kepala Seksi Distinasi Wisata kabupaten setempat Suhendra Jufridal mengatakan, jumlah pengunjung Pantai Carocok Painan selama tujuh hari libur Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriyah mencapai 155 ribu orang.

Sebagai upaya dalam memaksimalkan pelayanan, sejak jauh hari sebelumnya, pemkab setempat sudah menyiapkan lokasi parkir kendaraan bagi pengunjung dengan melakukan perluasan areal parkir di kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan.

Seperti biasa, tempat parkir yang ada di lokasi Pantai Carocok Painan hanya sekitar satu hektare, namun pada Idul Fitri 1435 Hijriyah, pemkab telah memperluas dengan melakukan reklamasi pantai (penimbunan pantai) hingga empat hektare.

Meski demikian upaya itu belum sepenuhnya dapat menampung kendaraan pengunjung sehingga arus transportasi keluar dan masuk kawasan objek wisata andalan Pesisir Selatan itu sempat tidak bergerak sama sekali karena padatnya pengunjung.

Namun pada lebaran ketiga, pemkab dan petugas Kepolisian setempat kembali berupaya mengantisipasi dengan menutup ruas jalan ke lokasi objek wisata tersebut untuk seluruh mobil.

Pengunjung yang datang dengan mobil harus memarkir kendaraannya di luar lokasi Pantai Carocok Painan yang berjarak sekitar 200 meter hingga satu kilometer dari kawasan Pantai Carocok Painan.

Selanjutnya pengunjung berjalan kaki dan memanfaatkan jasa ojek sepeda motor ke kawasan Pantai Carocok.

Pewarta: Siri Antoni
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014