Dalam open house itu disediakan hidangan bagi 3.000 orang
Yogyakarta (ANTARA News) - Ribuan warga Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya menghadiri open house yang diadakan Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Senin.

Warga yang datang menggunakan kendaraan pribadi dan minibus itu ingin bersalaman dengan Sultan dan istrinya Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas serta Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Paku Alam IX dalam rangka Idul Fitri 1435 Hijriyah.

Ribuan warga itu berdiri dalam antrean cukup panjang menunggu giliran untuk bersalaman dengan Sultan, Hemas, dan Paku Alam. Mereka secara tertib antre menunggu giliran bersalaman.

Satu per satu dari ribuan warga itu secara tertib berjabat tangan dengan Sultan yang juga Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, yang berdiri berjajar dengan Hemas dan Paku Alam di tengah Bangsal Kepatihan.

Kepala Bagian Humas Biro Umum, Humas, dan Protokol (UHP) Pemerintah DIY Iswanto mengatakan open house itu diadakan bersamaan dengan hari pertama masuk kerja pegawai negeri sipil (PNS) setelah libur Lebaran 2014.

Menurut dia, open house ditujukan untuk masyarakat secara luas. Kegiatan itu merupakan agenda rutin yang dilakukan Sultan setiap tahun sebagai ajang silaturahim dengan masyarakat dalam rangka Idul Fitri.

"Dalam open house itu disediakan hidangan bagi 3.000 orang. Hidangan yang disediakan di antaranya bakso, soto, nasi liwet, bakmi jawa, nasi gudeg, dan berbagai jenang," katanya.

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014