Bandarlampung (ANTARA News) - Arus balik pemudik dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak Banten masih berlangsung hingga Selasa atau tujuh hari setelah Lebaran 2014.

Berdasarkan pantaua di sejumlah titik jalan lintas sumatera ruas Bandarlampung- Pelabuhan Bakauheni, kendaraan pemudik yang sarat muatan masih kerap melintas, namun jumlahnya jauh lebih sedikit dibandingkan Sabtu dan Minggu lalu.

Sementara itu, truk barang mulai ramai melewati jalan lintas tersebut, terutama tujuan Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni.

Kendaraan pemudik yang melintas tujuan Pelabuhan Bakauheni itu selalu sarat muatan penumpang dan barang. Mereka diperkirakan memilih pulang belakangan agar tidak terjebak kemacetan.

Sementara itu, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni menyebutkan pihaknya mulai Senin pukul 08.00 WIB hingga Selasa pukul 08.00 WIB telah menyeberangkan ke Merak sebanyak 74.444 penumpang.

Sementara jumlah kendaraan yang diseberangkan mencapai 14.343 unit yang terdiri atas 5.080 kendaraan motor dan 9.263 kendaraan roda empat.

Sementara itu, arus pengiriman barang dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya sudah mulai normal, dan truk-truk barang mulai banyak melintasi Jalinsum tujuan Bakauheni.

Menurut PT ASDP Cabang Bakauheni, pihaknya mulai Senin hingga Selasa pagi telah menyeberangkan 1.373 truk barang ke Pelabuhan Merak, Banten. 
(H009)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014