Jakarta (ANTARA News) - Kepala Terminal Penumpang Nusantara Pura Pelabuhan Tanjung Priok Syawaludin mengatakan minat pengendara sepeda motor untuk mudik gratis menggunakan kapal laut pada Idul Fitri 1435 H meningkat bila dibandingkan tahun sebelumnya.

"Saya tidak hafal angka pastinya, tetapi tahun ini jumlah orang yang memanfaatkan mudik gratis dengan membawa sepeda motor lebih banyak dibanding tahun lalu," kata Syawaludin di Jakarta, Selasa.

Syawaludin mengatakan mudik dan balik gratis menggunakan kapal laut bagi pengemudi sepeda motor merupakan program rutin Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan.

Menurut Syawaludin, banyak keuntungan yang bisa didapat bagi para pengendara sepeda motor bila memanfaatkan mudik dan balik gratis menggunakan kapal laut.

"Mereka lebih menghemat bahan bakar karena sepeda motor juga ikut diangkut naik kapal. Kemudian tentu saja tidak secapek pengendarai sepeda motor. Selain itu, di atas kapal mereka juga dapat makan," tuturnya.

Kepala Humas Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Niken Sita mengatakan program mudik gratis memberikan kontribusi peningkatan jumlah penumpang pada arus mudik setiap tahun.

"Kementerian Perhubungan dalam hal ini Dirjen Perhubungan Laut bekerja sama dengan PT Pelni, PT ASDP, swasta dan TNI AL menyediakan kapal laut untuk mudik gratis. Kapal pertama akan berangkat dari Tanjung Priok pada Kamis," katanya.

Pada Senin (4/8), KRI Makassar milik TNI AL merapat ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang membawa 1.475 penumpang dan 510 sepeda motor.

Sedangkan Selasa, KM Ciremai milik PT Pelni juga bersandar dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang mengangkut 1.682 orang dan 724 sepeda motor.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014