Beijing (ANTARA News) - Otoritas Islam Tiongkok menetapkan bulan Ramadhan 1436 Hijriyah bermula Kamis (18/6) dan akan berakhir 17 Juli.

Jadwal puasa Mesjid Agung Niujie, Beijing, menunjukkan waktu shalat subuh di negara itu pukul 03.09 dan maghrib pukul 19.45.

Waktu puasa dan berbuka di setiap kota di Tiongkok berbeda satu hingga satu setengah jam dari Beijing.

Selama Ramadhan, sekitar 50 juta Muslim di Tiongkok akan berpuasa, tarawih dan tadarus di masjid-masjid serta memperbanyak sedekah.

Sebagian umat muslim Indonesia yang berada di Tiongkok berbuka bersama dan shalat tarawih berjamaah di Kedutaan Besar RI.

Islam masuk ke Tiongkok pada akhir masa Dinasti Sui, menjelang berdirinya Dinasti Tang (Abad ke 7), dibawa oleh saudagar Arab yang datang melalui Bandar Kanton (Guang Dong), dan Bandar Quanzhou.

Sampai sekarang masih ada keturunan Arab yang tinggal di kota itu. Selain itu ada banyak makam para ulama Tionghoa keturunan Arab di Kota Quanzhou.

Kedatangan Islam di Tiongkok dapat ditelusuri melalui dua jalur perdagangan, jalur laut dan jalur darat, terutama pada abad ke-6, saat perdagangan antara Arab dan Tiongkok sangat berkembang melalui Ceylon atau yang sekarang Sri Lanka.

Islam semakin berkembang di negeri itu pada abad ke-7 bersama peningkatan perdagangan Arab, Tiongkok , dan Persia.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015