Manado (ANTARA News) - Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Hanny Wajong mengatakan memasuki bulan Ramadhan harga cabai di sentra perdagangan Kota Manado bergerak turun.

"Menurut sejumlah pedagang bahwa stok cabai rawit di Kota Manado mulai banyak sehingga harga juga ikut turun," kata Hanny, di Manado, Kamis.

Dia mengatakan saat ini harga cabai rawit turun menjadi Rp35 ribu per kilogram (kg) hingga Rp40 ribu per kg dari sebelumnya sempat mencapai Rp60 ribu per kg.

Hanny mengatakan harga cabai ini di Kota Manado diperkirakan akan terus mengalami penurunan karena pasokan mulai banyak.

"Saat ini pasokan cabai rawit di Sulut berasal dari Gorontalo dan sebagian dari beberapa kabupaten dan kota di Sulut," jelasnya.

Olla pedagang cabai di Pasar Pinasungkulan Karombasan Manado mengatakan stok cabai rawit saat ini cukup banyak sehingga harga mulai turun.

"Hampir setiap hari ada stok cabai rawit masuk ke pedagang, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir menghadapi Lebaran tahun ini," kata Olla.

Dia mengatakan konsumen juga tinggal memilih produk cabai rawit, ada yang sudah dipetik tangkainya tapi harga lebih mahal sedikit, dan ada masih memiliki tangkai.

Pewarta: Jootje Kumajas
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015