Jakarta (ANTARA News) - Masyarakat sering menjadikan Masjid Istiqlal, Jakarta sebagai tempat alternatif buka bersama sembari menunggu kemacetan lalu lintas berkurang.

"Ya saya sering buka bersama teman-teman yang searah jalan pulang di Istiqlal, karena biasanya masih macet," kata Agus salah satu karyawan swasta di Jakarta, Jumat malam.

Ia menjelaskan Masjid Istiqlal bisa dijadikan alternatif tempat buka puasa karena banyak yang jualan makanan dan minuman. Selain itu, bisa sekalian shalat berjamaah setelah berbuka puasa.

Senada dengan Agus, Pak Uun sengaja datang dari Tebet menuju Jakarta Pusat karena memang ingin buka bersama beberapa teman di Istiqlal.

"Kami janjian bertemu di Istiqlal sekalian silaturahmi bersama, karena di sini panitia masjid juga menyediakan makanan gratis sehingga lebih singkat," kata Pak Uun.

Ia mengatakan sudah tiga kali ke Istiqlal sejak ramadhan dimulai bulan ini, sekalian tarawih bersama-sama.

"Ini sudah kali ketiga dalam satu minggu, tidak terlalu ramai, lagi pula ceramahnya juga bagus ketika tarawih," katanya.

Sementara itu, Sri salah satu warga luar Jakarta sengaja menyempatkan waktu mengunjungi Masjid Istiqlal ketika waktu berbuka sudah tiba.

"Saya sekeluarga dari Bogor, main ke Jakarta sejak siang, dan memang ingin buka bersama di area Istiqlal sambil nunggu macet reda," kata Sri.

Ia mengatakan ingin merasakan kekhusukan bulan puasa di salah satu masjid terbesar di Indonesia bersama-sama keluarga.

"Ya sekali-kali ingin merasakan buka puasa di Masjid yang terbesar ini, mudah-mudahan lebih banyak pahala," katanya.

Pewarta: Afut Sayfril
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015