Secara umum kami sudah siap menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini
Serang (ANTARA News) - PT ASDP Indonesian Ferry Cabang Merak, Banten, menyiapkan sekitar 48 kapal jenis ro-ro untuk melayani arus mudik Lebaran di Pelabuhan Penyeberangan Merak.

"Jumlah kapal semuanya ada 56 kapal, namun yang benar-benar siap dioperasikan saat Lebaran ada 48 kapal," kata Kepala Cabang PT ASDP Merak Yanus Lentanga di Merak, Cilegon, Senin.

Menurut Yanus, ke-48 kapal yang dipersiapkan untuk pelayanan arus mudik Lebaran 2015 tersebut, akan beroperasi di lima dermaga yang ada di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni.

"Nanti juga kami akan menyiapkan tiga lokasi tenda khususnya untuk para penumpang kendaraan roda dua," katanya.

Ia mengatakan, tenda yang dipersiapkan tersebut yakni tenda antrean yang berada sebelum loket pembelian tiket dengan ukuran 800 x 12 meter, kemudian tenda juga dipersiapkan di sekitar dermaga untuk menunggu antrean ke kapal serta tenda untuk penumpang sebagai rest area.

"Nanti kami siapkan makanan dan minuman untuk para penumpang yang akan berbuka di sekitar dermaga," katanya.

Yanus mengatakan, pada arus mudik Lebaran 2015, secara umum penumpang di Pelabuhan Merak yang akan menyeberang dari Jawa menuju Sumatera diperkirakan naik 3 persen hingga 6 persen dari tahun sebelumnya.

Menurutnya, pada arus mudik tahun sebelumnya jumlah penumpang pejalan kaki di Pelabuhan Merak mencapai sekitar 140 ribu orang, kemudian penumpang roda empat 13 ribu dan motor sekitar 19 ribu penumpang.

"Secara umum kami sudah siap menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini," katanya.

Direktur Utama PT ASDP Indonesian Ferry Danang S Baskoro mengatakan, untuk mengatasi penumpukan kendaraan pada saat tertentu, PT ASDP akan memberlakukan dua tarif berbeda antara siang dan malam pada saat puncak arus mudik H-4 sampai H-1 Idul Fitri 1436 H.

"Nanti perbedaan tarif bisa 100 persen antara siang dan malam hari pada H-4 sampai H-1, khusus untuk roda dua dan mobil pribadi. Akan tetapi sampai saat ini besaran kenaikannya masih dalam pembahasan, belum ada keputusan," kata Direktur Utama PT ASDP Danang S Baskoro saat berkunjung ke Pelabuhan Merak di Cilegon, Senin.

Pewarta: Mulyana
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015