Saya mengimbau para pemudik yang melintas di jalur Gadog dan Puncak untuk hati-hati karena jalur itu rawan kecelakaan
Cibinong, Bogor (ANTARA News) - Sebanyak 1.116 anggota Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat, siap mengamankan jalur mudik Lebaran di wilayah Polres Bogor, Kabupaten Bogor.

"Personel Polres Bogor siap siaga mengamankan jalur mudik Lebaran yang melintas di wilayah hukum Polres Bogor," kata Kepala Polres Bogor AKBP Suyudi Ario Seto di Cibinong, Selasa.

Mengenai jumlah personel siaga, ia mengatakan bila digabung dengan personel anggota TNI, DLLAJ, PMI dan Pramuka, personel berjumlah lebih dari 2.000 orang.

"Kami akan membangun sebanyak 21 pos pengamanan mudik Lebaran di seluruh wilayah hukum Polres Bogor dengan satu pos utama dan satu pos pelayanan di Gadog," katanya.

Selain pos jaga, katanya, Polres Bogor juga menyiapkan personel mobile untuk mengatur arus lalu lintas tetap lancar dan aman.

"Khususnya di jalur Gadog dan Puncak sebagai jalur utama pemudik dan wisata," katanya.

Ia mengatakan rekayasa jalan buka tutup juga akan dilakukan ketika jalur utama tidak bisa menampung "volume" kendaraan yang melintas.

"Saya mengimbau para pemudik yang melintas di jalur Gadog dan Puncak untuk hati-hati karena jalur itu rawan kecelakaan," katanya.

Ia juga mengajurkan para pemudik yang akan meninggalkan rumah untuk berlebaran di tempat lain hendaknya mematikan lampu untuk mencegah terjadinya kebakaran karena arus pendek listrik. Polres Bogor juga sudah membentuk tim pengamanan rumah kosong yang ditinggalkan pemiliknya.

"Tim Buser selalu siaga mengamankan wilayah hukum Polres Bogor," katanya.

Ia mengatakan jika masyarakat melihat atau mendengar ada indikasi tindakan kejahatan hendaknya langsung melapor ke polisi. Agar kejahatan bisa dicegah sejak dini dan masyarakat bisa beraktivitas aman dan nyaman.

Pewarta: Ahmadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015