Bogor (ANTARA News) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan menyalurkan zakat sampai Rp5,5 miliar lewat kegiatan Indonesia Berzakat yang digelar serentak di sejumlah kota pada peringatan Hari Zakat Nasional tanggal 14 Juli 2015.

"Dalam kegiatan ini Baznas merangkul Baznas provinsi dan kabupaten/kota serta Lembaga Amil Zakat Nasional. Ini merupakan kegiatan penyaluran bersama di seluruh Indonesia, dengan 11 titik penyaluran," kata Direktur Pelaksana Baznas Pusat Teten Kustiawan saat dihubungi Antara, Rabu.

Teten menjelaskan penyaluran zakat secara serentak antara lain akan dilakukan di Jakarta, Medan, Aceh, Palembang, Makassar, Surabaya, dan Balikpapan dengan sasaran 1.000 penerima zakat di setiap titik penyaluran.

Menurut dia, zakat akan dibagikan lewat kegiatan buka bersama dan pembagian paket Lebaran untuk anak yatim dan keluarga miskin.

"Pengalaman yang sudah ada, dalam Indonesia Berzakat nominal yang disalurkan untuk paket dan buka puasa senilai Rp500 ribu per orang. Jadi kalau 1.000 orang di 11 titik maka totalnya untuk satu wilayah itu Rp500 juta atau secara nasionalnya Rp5,5 miliar," katanya.

Ia menambahkan penyaluran zakat pada Hari Zakat Nasional tidak hanya dilakukan di hampir seluruh provinsi, kota dan kabupaten.

Teten juga mengimbau para pemberi zakat (muzaki) menunaikan zakat melalui lembaga amil zakat supaya zakat yang disalurkan lebih bermanfaat.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015