Jakarta (ANTARA News) - Musisi rock Ikang Fawzi mengaku sudah lama tidak mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman orangtua.

"Keluarga dekat saya banyak di Jakarta, kalau orangtua saya sudah meninggal, orangtua Marissa (Haque) juga," kata Ikang saat dihubungi ANTARA News, Jumat.

Penyanyi keturunan Sunda dan Bugis-Mandar itu biasa berkumpul bersama keluarga di rumah kakaknya saat Lebaran.

"Ke tempat asal ibu di Banten sering tapi bukan saat Lebaran, kalau Lebaran kumpulnya di rumah kakak saya. Kalau ke tempat ayah saya di Pontianak biasanya kalau lagi main ke sana, masih banyak saudara di sana," tutur suami dari artis Marissa Haque itu.

Ikang lantas mengenang tradisi Lebaran semasa kanak-kanak yang tidak pernah ia lupakan, yakni tradisi nanggok atau minta uang.

"Saya kangen tradisi itu, karena itu kan berbagi kesenangan ya. Anak kecil waktu dulu dapat uang recehan saja sudah senang," tutur Ikang.

Menurut Ikang, tradisi itu sekarang mulai meluntur.

"Anak sekarang sudah banyak yang gengsi kalau dikasih uang, bahkan ada yang nolak. Kalau dulu anak-anak kecil malah menargetkan dan uangnya dikumpulkan untuk beli sesuatu atau nonton. Menyenangkan pokoknya," kata Ikang.

Ikang mengisahkan bahwa ketika kecil dia pernah berhasil mengumpulkan uang sampai Rp3.000, cukup besar untuk masa itu.

"Dulu biasanya orang kasih 25 perak, jadi kalau bisa sampai Rp3.000 sudah besar," ujar Ikang.



Pewarta: Monalisa
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015