Jember (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Kabupaten Jember, Jawa Timur, menyiapkan sebanyak empat bus untuk perjalanan mudik gratis dari Jember menuju Surabaya menjelang Lebaran 2015.

"Kami bekerja sama dengan Dinas Provinsi Jatim menyediakan angkutan mudik gratis Lebaran 2015 untuk masyarakat Jember," kata Kepala Bidang Angkutan dan Trayek, Dinas Perhubungan (Dishub) Jember, Siswanto, Jumat.

Menurut dia, program mudik gratis dengan armada bus dari Jember menuju Surabaya akan dilaksanakan selama dua hari yakni pada 14-15 Juli 2015.

"Bagi masyarakat Jember disilakan mendaftar untuk program mudik gratis karena pendaftaran sudah dibuka sejak pertengahan Juni lalu," tuturnya.

Persyaratan yang wajib dipenuhi bagi warga yang ingin memanfaatkan program mudik gratis yakni terdata sebagai warga Kabupaten Jember dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

"Masyarakat yang ingin mendaftar silakan datang ke Kantor Dishub Jember dan pendaftaran program mudik itu tidak dipungut biaya," katanya.

Ia menjelaskan para pemudik nantinya akan berkumpul di Jembatan Timbang di Kecamatan Rambipuji yang merupakan titik pemberangkatan kegiatan mudik gratis di Jember, sehingga diharapkan ratusan pemudik bisa tepat waktu berada di sana.

"Alasan dijadikan jembatan timbang sebagai titik berkumpul para pemudik karena di sana tidak ada aktivitas menjelang Lebaran," ujarnya.

Siswanto mengatakan program mudik gratis itu bertujuan untuk menekan angka kecelakaan, khususnya bagi pemudik yang biasa mengendarai sepeda motor ke kampung halaman.

"Kami berharap para pemudik yang biasanya menggunakan motor untuk mudik dapat beralih menggunakan bus yang disediakan Dishub Jember," katanya.8

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015