Kami menjamin penyeberangan siang hari berjalan lancar juga tiketnya lebih murah dibanding malam hari
Merak (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Cabang Ferry Merak mengimbau pemudik yang hendak menuju Pulau Sumatera menyeberang pada siang hari.

"Kami menjamin penyeberangan siang hari berjalan lancar juga tiketnya lebih murah dibanding malam hari," kata Manager Pelabuhan PT ASDP Merak Nana Sutisna, di Merak, Sabtu.

Ia mengatakan, imbauan itu untuk mengantisipasi penumpukan dan kemacetan penumpang maupun kendaraan, karena menyeberang siang hari dapat mendukung kelancaran arus mudik Lebaran.

Pengalaman tahun-tahun lalu, katanya, pemudik membludak hingga terjadi penumpukan penumpang maupun kendaraan saat menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung pada malam atau dinihari.

Para pemudik berangkat pada malam hari dengan alasan cuaca dingin.

Karena itu, ASDP Merak mengimbau pemudik agar menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung siang hari untuk kelancaran lalu lintas.

"Kami berharap pemudik Lebaran pada H-7 sampai H+7 sebaiknya menyeberang siang hari," ujarnya.

Menurut dia, saat ini kondisi angkutan penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni relatif normal dan belum terjadi lonjakan pemudik.

Selain itu juga kondisi lalu lintas di dermaga I sampai V berjalan lancar tanpa antrean kendaraan. Seluruh kendaraan yang masuk ke dermaga langsung naik ke atas kapal untuk menyeberang ke Bakauheni, Lampung.

"Kami minta pemudik dapat mentaati imbauan itu guna kelancaran lalu lintas di Pelabuhan Merak," ujarnya.

Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (GAPASDAP) Merak, Togar Napitupulu juga meminta masyarakat yang akan menuju Sumatera berangkat siang hari agar tidak terjebak penumpukan penumpang dan kemacetan kendaraan.

"Kami minta pemudik menyeberang siang hari untuk menghindari kepadatan dan penumpukan penumpang," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015