Saya mengecat khususnya bagian depan, walaupun rumah sederhana yang penting bersih
Rengat (ANTARA News) - Masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau menyibukkan diri dengan tradisi bersih dan mengecat rumah menjelang lebaran Idul Fitri 2015.

"Ini merupakan kebiasaan setahun sekali, rumah bersih akan menyenangkan dan terasa nyaman menghadapi hari raya," kata salah satu warga Indragiri Hulu Dasri (45) di Rengat, Senin.

Ia mengatakan, setiap tahun kegiatan gotong-royong bersama keluarga terasa mengasyikkan, pada saat Lebaran tamu yang datang baik dari keluarga sendiri maupun tetangga sangat banyak dan jika rumah terlihat asri dan rapi ada kebahagiaan tersendiri.

Teman dekat baik yang berada jauh dari rumah maupun dekat biasanya berdatangan untuk bersilaturrahim saling maaf-memaafkan, rumah terlihat rapi menjadi kebanggaan sendiri dan jelas akan membuat tamu nyaman.

"Saya mengecat khususnya bagian depan, walaupun rumah sederhana yang penting bersih," sebutnya.

Retno (34) warga Belilas juga menyebutkan hal yang sama, ia memperbaiki rumah biasanya setahun sekali ketika menjelang Lebaran. Ia melakukannya sepekan sebelum hari H karena saat itu hampir semua warga juga menggelar kegiatan bersih-bersih rumah.

"Saya menghabiskan waktu dua hari untuk kegiatan kebersihan ini," ujarnya.

Ia juga menyebutkan, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai jutaan rupiah, dana itu untuk membeli cat dan alat pendukungnya serta membeli semen untuk memperbaiki lantai yang rusak.

Lain lagi dengan Yuli (56), ia mengatakan kebersihan lingkungan juga sangat penting, sejumlah tetangganya kompak untuk menggelar gotong-royong membersihkan rumah, parit dan halaman yang terlihat jorok.

"Kami dalam beberapa hari menggelar kegiatan bersama, ini juga bentuk kepedulian pada lingkungan tempat tinggal," ucapnya.

Menurutnya, kegiatan mengecat rumah sepertinya sudah menjadi rutinitas masyarakat setiap tahun, jadi rumah bersih adalah dambaan warga menjelang hari raya tahun 2015.

Pewarta: Asripilyadi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015