Surabaya (ANTARA News) - Sebanyak 19 jembatan timbang di Jawa Timur akan disulap menjadi area istirahat dalam rangka arus mudik dan balik Lebaran 2015.

"Tempat ini diperuntukkan bagi pemudik yang membutuhkan lokasi beristirahat dan melepas lelah sejenak," ujar Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Jawa Timur Wahid Wahyudi kepada wartawan di Surabaya, Senin.

Area istirahat di jembatan timbang akan mulai dioperasionalkan pada H-5 atau lima hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah hingga H+3.

Selain tempat istirahat, tersedia juga kebutuhan makanan dan minuman, kamar mandi, tempat ibadah, internet, informasi jalan, tenaga kesehatan hingga hiburan bagi pemudik.

"Lokasi kami buat senyaman mungkin agar pemudik bisa nyaman istirahatnya sehingga ketika melanjutkan perjalanan bisa fit," katanya.

Ia merinci, 19 jembatan timbang yang disulap area istirahat tersebar di sejumlah koridor jalur angkutan Lebaran di wilayah Jatim, yakni koridor Surabaya-Jombang-Kertosono bisa mampir di area istirahat Jembatan Timbang (JT) Trowulan (1 arah), JT Mojoagung (1 arah) dan JT Trosobo (1 arah).

Di koridor Kertosono-Kediri-Tulungagung-Trenggalek terdapat di JT Pojok (2 arah), koridor Kertosono-Caruban-Madiun di JT Guyangan (2 arah), Koridor Malang-Blitar-Tulungagung di JT Talun (2 arah), dan koridor Caruban-Ngawi-Solo di JT Widodaren (2 arah).

Selanjutnya, di koridor Surabaya-Gempol-Malang tersedia area istirahat di JT Singosari (2 arah), koridor Gempol-Pasuruan-Pasuruan di JT Rejoso (1 arah) dan JT Sedarum (1 arah), serta koridor Probolinggo-Lumajang-Jember di JT Klakah (2 arah).

Koridor Jember-Banyuwangi di JT Rambigundam (2 arah) dan JT Kalibarumanis (2 arah), koridor Probolinggo-Situbondo-Ketapang-Bali di JT Besuki (2 arah) dan JT Watudodol (2 arah).

Lalu, koridor Surabaya-Gresik-Lamongan memiliki area istirahat di JT Lamongan (2 arah), koridor Lamongan-Bojonegoro di JT Baureno (2 arah), koridor Lamongan-Tuban di JT Widang (2 arah), serta koridor Surabaya-Bangkalan-Sampang di JT Jrengik (1 arah).

Sementara itu, berdasarkan data yang dimiliki Dishub dan LLAJ Jatim, jumlah pemudik yang berkunjung di area istirahat jembatan timbang padan 2014 mencapai 55.728 orang pemudik, 8.199 kendaraan roda dua dan 7.295 kendaraan roda empat.

"Kami imbau kepada pemudik yang merasa capek dan ngantuk, jangan paksakan perjalanan anda dan berhenti sejenak di rest-rest area yang tersebar. Ingat, keselamatan diutamakan," kata Wahid.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015