Jakarta (ANTARA News) - Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Pada bulan ini, biasanya kita menbuat pengaturan khusus di banyak tingkatan termasuk ekonomi.

Berikut adalah tips praktis bagi para ibu rumah tangga untuk membantu mengontrol anggaran belanja dan mengurangi pengeluaran selama bulan suci Ramadhan seperti dikutip dari onislam.net.

1. Rasionalkan daftar belanja Anda Beli yang Anda butuhkan. Dan ingat, kita selalu cenderung membeli lebih dari apa yang sebenarnya kita butuhkan.

2. Tetapkan anggaran, jangan satukan tambahan dan berbelanjalah setahap demi setahap Siapkan daftar belanja berdasarkan anggaran yang Anda tetapkan untuk Ramadhan. Tetaplah pada dftar dan jangan tambahkan barang ekstra apa pun. Belanjalah setahap demi setahap, misalnya produk yang bisa disimpan lebih lama bisa dibeli lebih dulu seperti rempah-rempah dan buah kering. Sementara produk yang mudah busuk harus dibeli setiap minggu, tak ada gunanya membeli dalam jumlah banyak.

3. Jangan tergoda diskon Umumnya, supermarket akan berkompetisi memberi promo sehingga kita tergoda untuk membeli lebih banyak, lebih baik beli apa yang kita butuhkan. 4. Lihat persediaan Kita harus menyimpan belanjaan dengan hati-hati, perhatikan tanggal kadaluwarsa agar kita yakin bisa mengkonsumsi barang yang masih layak makan.

5. Jangan tambah tapi ganti Gantikan barang-barang belanjaan yang biasa Anda beli adengan barang-barang yang bertema Ramadhan. Umumnya orang-orang menggunakan jenis makanan tertentu di bulan Ramadhan yang tidak mereka konsumsi di bulan lain. Orang-orang akan menghubungkan ini dengan tradisi dan budaya mereka.

6. Buatan rumah Jangan makan di luar. Makanan buatan rumah jauh lebih baik dari segi kesehatan dan keuangan.

7. Jumlah makanan Alih-alih memerhatikan jumal, Anda harus fokus pada kualitas makanan saat menjaga anggaran Ramadhan Anda. Periksa kekayaan dari menu makanan Anda, sedikit kuantitas namun banyak kalori. Dengan demikian, Anda tak perlu merasa terbebani, merasa begah dan tetap bisa beraktivitas usai berbuka.

8. Jangan lupa bersedekah Berapa pun pendapatan anda, Anda harus mengatur anggaran keuangan sehingga Anda dapat memberi pada mereka yang membutuhkan. Ingat, saudar-saudara Anda yang miskin terlebih dahulu. Ingat ramadhan adalah bulan berbagi.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015