Biak (ANTARA News) - Jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Biak Numfor, Papua akan memberlakukan bebas trayek angkutan umum pada hari H lebaran Idul Fitri 1436 Hijriyah untuk rute tujuan.

"Pembebasan trayek angkutan saat hari puncak Idul Fitri diharapkan mempermudah kelancaran kaum Muslim dan Muslimat bersilaturahmi dengan kerabat keluarga di berbagai tempat," ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Yunius Luchas Rumere di Biak, Rabu.

Ia mengakui, kebutuhan angkutan umum saat Lebaran akan meningkat dibanding hari biasanya karena keperluan umat Islam untuk mengunjungi keluarga dekat untuk bersilaturahmi.

Tradisi saling kunjung mengunjungi di hari raya, menurut Kadishub Luchas Rumere, merupakan tradisi tahunan yang terjaga di tengah umat Islam dan warga non Muslim Biak Numfor.

Menyinggung kegiatan angkutan Lebaran di Biak, Luchas Rumeremengatakan hingga saat ini masih lancar dan normal sesuai kebutuhan warga setiap hari tetap terlayani dengan berbagai rute tujuan angkutan umum.

Sedangkan khusus bus angkutan Lebaran, ia mengatakan pihak Dinas Perhubungan telah menyiagakan sebanyakn 16 bus angkutan dalam rangka mendukung kelancaran kebutuhan lebaran 1436 H di Kabupaten Biak Numfor.

"Dishub juga sudah menyiapkan tambahan bus angkut TNI/Polri untuk mem-back up ketersediaan bus angkutan Lebaran di Biak sekitarnya," ungkap Luchas Rumere.

Hingga H-8 menyambut lebaran berbagai pelayanan angkutan umum, kapal laut dan pesawat udara masih tetap normal setiap hari sesuai dengan rute keberangkatan yang sudah terjadwal.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015