Pekalongan (ANTARA News) - Arus mudik berkendara melewati jalur pantai utara Kota Pekalongan, Jawa Tengah, pada Sabtu malam atau H-6 Lebaran 2015, terpantau padat namun lancar.

Iring-iringan kendaraan dari arah barat (Jakarta) maupun timur (Semarang) dengan kecepatan sekitar 20 kilometer per jam tampak saat memasuki pusat keramaian dan jalur pantura yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan setempat.

Beberapa personel Kepolisian Resor Kota Pekalongan yang berjaga di Pos Pengamanan THR dan DR Cipto tampak berusaha mengurai kepadatan arus mudik berkendara.

Arus kendaraan yang lebih didominasi mobil pribadi, bus, dan truk itu mengakibatkan kepadatan di jalur pantura Jalan K.H. Mas Mansyur karena petugas kepolisian mengarahkan angkutan itu tidak masuk jalur kota.

Selain di jalur pantura, kepadatan arus kendaraan juga terjadi di jalur dekat pusat perbelanjaan, seperti swalayan Hipermart dan Sri Ratu karena banyak pengemudi sepeda motor yang berusaha "memotong" lajur secara sembarang.

Kesemrawutan arus kendaraan juga terjadi di beberapa lokasi parkir sepeda motor maupun mobil pribadi yang tempatnya hingga memakai badan jalan.

Kepala Bagian Operasional Polresta Pekalongan Kompol Hartono mengingatkan kepada pemudik berkendara untuk hati-hati mengingat arus lalu lintas kendaraan kian padat.

"Kami mengimbau para pemudik berkendara jangan memaksakan meneruskan perjalanan jika sudah lelah. Lebih baik beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju kampung halaman," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015