Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 23.775 pemudik berangkat dari Terminal Cicaheum, Bandung, mulai 10 hingga 14 Juni 2015 menggunakan bus ke berbagai daerah tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Data yang ada pada kami, total dari H-7 hingga H-3 Lebaran kemarin, total sudah ada 23.775 pemudik yang diberangkat dari Terminal Cicaheum," kata Kepala Terminal Cicaheum Kota Bandung A Haris, Rabu.

Jumlah tersebut, menurut dia, mengalami penurunan sekitar 36 persen jika dibandingkan pada 2014.

"Banyak faktor kalau menurut kami mengapa terjadi penurunan jumlah pemudik di sini, pertama ada promosi mudik gratis, kedua masyarakat lebih memilih pakai motor dan ketiga adanya fasilitas travel," ujar Haris.

Ia mengatakan, puncak arus mudik di Cicaheum sebelumnya diprediksi pada Selasa (14/7), namun ternyata meleset.

"Prediksi puncak arus mudim di sini ternyata meleset, tahun lalu puncak arus mudik di Terminal Cicaheum terjadi pada H-3 dengan total penumpang yang diberangkatkan mencapai 8.242 orang. Pada H-3 tahun ini hanya 5.390 pemudik yang diberangkatkan dari sini, ini artinya ada penurunan sekitar 30 persen," kata dia.

Ketika ditanya apakah ada keterlambatan bus yang datang ke Terminal Cicaheum, ia mengatakan hingga saat ini belum ada.

"Untuk hari ini walaupun di Jalur Nagreg ada kemacetan tapi tidak berpengaruh besar. Tidak ada keterlambatan kedatangan bus, sementara untuk pelayanan masih normal, keterlambatan 15-20 menit, itu dianggap wajar," katanya.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015