Kami bersama rombongan mudik menggunakan sepeda motor dengan alasan lebih santai dan menghemat biaya."
Merak (ANTARA News) - Pemudik bersepeda motor dari berbagai daerah di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi yang hendak menuju Pulau Sumatera pada H-1 atau Kamis (16/7) memadati Dermaga Pelabuhan Merak.

Berdasarkan pantauan, Kamis dinihari, ribuan sepeda motor memadati lima Dermaga Pelabuhan Merak dan kebanyakan berasal dari Tangerang dan Jakarta sebagai pekerja buruh pabrik dan pedagang, dengan tujuan utama Lampung.

Mereka para pemudik sepeda motor berdatangan pukul 24.00 WIB dengan membawa barang-barang bawaan untuk oleh-oleh di kampung halamannya.

"Kami bersama rombongan mudik menggunakan sepeda motor dengan alasan lebih santai dan menghemat biaya," kata Adi Suhandi, pemudik bertujuan Bandarlampung.

Ia mengatakan, dirinya berangkat dari Tangerang pukul 19.00 WIB dan tiba di Pelabuhan Merak pukul 24.00 WIB.

Selama perjalanan berjalan lancar tanpa kemacetan maupun antrean kendaraan.

"Kami baru tahun ini mudik lancar dalam perjalanan hingga dermaga Pelabuhan Merak," ujarnya.

Ia mengaku lega setelah naik ke atas kapal yang bersandar di Dermaga I Pelabuhan Merak bisa diseberangkan menuju Pulau Sumatera.

"Kami berharap dalam perjalan lancar dan selamat sampai tujuan," katanya.

Begitu pula, Sugiyanto, pemudik sepeda motor mengaku dirinya sempat mengantre di Dermaga II Pelabuhan Merak selama satu jam.

Namun, ia bisa diseberangkan menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Ia memilih berangkat bersama isteri dan satu anak pada dinihari karena bisa berangkat dari Pelabuhan Bakauheni pada pagi hari.

"Kami lebih nyaman pergi pagi hari ke kampung halaman, apalagi saat ini begal kembali di jalanan," katanya.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo mengatakan pemudik sepeda motor hingga H-1 Lebaran masih padat, meskipun H-3 mencapai 46.700 unit.

"Kami memperkirakan pemudik masih mendominasi menggunakan roda dua," katanya.

Kapolres Cilegon Ajun Komisaris Besar Anwar Sunarjo mengatakan selama ini pemudik sepeda motor yang hendak menuju Pelabuhan Merak lancar melintasi jalan raya Cilegon.

"Kami berharap pemudik sepeda motor selamat sampai tujuan hingga bertemu anggota keluarga di kampung halaman untuk merayakan Lebaran," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015