Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal (BPPMI) Subandi mengatakan bahwa Masjid Istiqlal Jakarta telah siap menyambut hari Idul Fitri 1436H.

"Sudah siap 100 persen, Semua sarana dan prasarana termasuk para prtugas sudah kami siapkan semua," kata dia saat ditemui ANTARA News, Kamis.

Lebih lanjut, Subandi menjelaskan imam sudah ditetapkan yakni Drs. H. Hasanuddin Sinaga, MA (Imam Masjid Istiqlal) dan Dr. H. A. Malik Madany.

Subandi juga mengatakan bahwa malam ini Masjid Istiqlal akan mengadakan takbir akbar yang akan dipimpin oleh Menteri Agama.

"Bedug sudah siap, tapi karena paginya untuk sholat Ied, nanti malam bedug akan dikeluarkan," ujar dia.

Untuk menyambut Idul Fitri 1436H, masjid Istiqlal juga sudah mulai dirapihkan. Taman masjid misalnya, Subandi mengaku petugas sudah mulai membersihkan sejak beberapa hari yang lalu.

"Habis acara buka bersama nanti, juga akan dibersihkan, apa yang dilihat kurang pantas akan dirapikan," kata dia.

"Untuk sterilisasi keamanan, karena wakil presiden akan sholat di sini, maka mulai nanti malam jam 1 semua jamaah harus keluar dulu dan masuk kembali melalui secrurity door," sambung dia.

Masjid Istiqlal juga telah melakukan pembagian zakat fitrah kepada 3000 orang yang berhak menerimanya di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Kami sudah membagi kurang lebih 3000 orang yang berhak menerima, masing-masing 5kg," ujar Subandi.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015