Subang (ANTARA News) - Arus balik di jalan Tol Cikopo-Palimanan, Cirebon, Jabar, cukup padat hingga mengakibatkan antrean panjang sekitar 20 kilometer di gerbang Tol Cikopo pada H+3 lebaran atau Selasa.

Kepadatan kendaraan pada arus balik itu terjadi sejak di kilometer 77 jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) atau sekitar gerbang Tol Cikopo sampai kilometer 98, dekat gerbang Tol Kalijati, Subang.

Kasatlantas Polres Subang AKP Ridwan mengatakan, kepadatan kendaraan pada H+4 lebaran kali ini terjadi akibat melonjaknya kendaraan yang melintas dari arah Cirebon menuju Jakarta.

Ia mengimbau agar pengemudi tujuan Jakarta dan sekitarnya memilih keluar gerbang Tol Kalijati saat terjadi kemacetan panjang menuju gerbang Tol Cipali.

Selepas gerbang tol Kalijati, di pertigaan Kalijati, pengemudi bisa belok kanan menuju jalan arteri Cipeundeuy-Sadang dan langsung masuk jalan Tol Cipularang melalui gerbang Tol Sadang.

Selain itu, pengendara yang terjebak macet di jalan Tol Cipali juga bisa keluar melalui gerbang Cilameri, Subang Kota. Selanjutnya melewati jalur tengah, Subang-Kalijati-Sadang dan masuk ke jalan tol Cipularang melalui gerbang Tol Sadang.

Ia memperkirakan, puncak arus balik lebaran akan terjadi pada Selasa malam ini hingga Rabu (22/7).

Sebab pada Rabu (22/7) merupakan hari terakhir libur lebaran bagi karyawan dan pegawai negeri sipil.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015