Gorontalo (ANTARA News) - Seribuan anggota Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo siap mengamankan perayaan Lebaran Ketupat, Jumat.

Kepala Bidang Humas Polda Gorontalo AKBP Lisma Dungio mengatakan, Polda ingin perayaan ketupat pada sejumlah titik berlangsung aman, lancar dan tertib.

"Keberadaan sejumlah personel di lapangan akan membantu warga dalam merayakan Lebaran Ketupat yang sudah menjadi tradisi setiap tahun," Kata Lisma.

Dia menjelaskan setiap kali perayaan ketupat sudah dapat dipastikan ada sejumlah titik rawan yang macet, sehingga perlu bantuan polisi untuk mengatur arus lalu lintas di kawasan tersebut.

Selain itu, perlu diwaspadai kemungkinan terjadi aksi kebut-kebutan kendaraan dan bahkan aksi premanisme.

"Personel yang akan mengamankan pelaksanaan Lebaran Ketupat tersebut terdiri dari personel Polda serta dibantu oleh personel Polres se-Gorontalo dan polsek terdekat dari lokasi pelaksanaan Lebaran Ketupat," katanya.

Ia mengatakan seribuan personel ini akan menempati pos polisi yang telah dibangun menjelang Lebaran lalu, selain itu akan diturunkan pada sejumlah titik yang macet dan wilayah yang rawan terjadinya aksi kriminalitas.

"Personel polisi juga akan menindak tegas jika ada pelanggar lalu lintas, warga yang menggunakan minuman keras, senjata api serta judi," kata Lisma.

Dia meminta agar masyarakat yang akan merayakan ketupat dengan menjaga ketertiban dan menghindari terjadinya tindak kriminalitas, sebab hanya akan merugikan masyarakat itu sendiri.

Pewarta: M. F. Said
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015