Jakarta (ANTARA News) - Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan, Laudin Situmorang mengatakan telah bersiap untuk mengantisipasi lonjakan kedatangan penumpang pada puncak arus balik yang diperkirakan terjadi pada Sabtu (25/7) atau Minggu (26/7).

"Kami sudah mengantisipasi lonjakan kedatangan penumpang pada arus balik dengan mengoperasikan bus selama 24 jam yang mengantarkan penumpang ke seluruh tujuan di Jakarta," katanya saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan pihaknya telah memastikan beroperasinya bus tersebut, yang awalnya hanya sampai pukul 23.00 WIB kini diperpanjang hingga 24 jam.

Selain itu menurut dia, pihak terminal juga sudah berkoordinasi dengan operator busway agar bisa beroperasi 24 jam.

"Busway biasanya beroperasi di Terminal Kampung Rambutan hingga pukul 24.00 WIB namun untuk mengantisipasi lonjakan arus balik maka beroperasi 24 jam," ujarnya.

Laudin menegaskan antisipasi yang dilakukannya itu agar lonjakan kedatangan penumpang bisa teratasi sehingga tidak terjadi penumpukan di terminal.

Dia juga mengatakan sudah berkoordinasi dengan Perusahaan Otobus (PO) yang melayani rute dalam kota, dan semuanya menyanggupi permintaan pelayanan bus selama 24 jam tersebut.

"Perusahaan Otobus sudah diatur semuanya dan mereka siap menyediakan armada 24 jam untuk mengantarkan penumpang ke berbagai tujuan," katanya.

Kebijakan angkutan bus malam hari itu, jelasnya, sudah diberlakukan sejak H+2 lebaran (Senin, 20/7) dan berjalan dengan baik.

"Pelaksanaannya sudah efektif karena tidak ada keluhan dari penumpang dan tidak ada penumpukkan di terminal Kampung Rambutan," katanya.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015