Jakarta (ANTARA News) - Pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan, PT Lintas Marga Sedaya, memprediksi gelombang kedua arus balik akan terjadi mulai H+7 hingga H+9 Lebaran atau pada Jumat malam (24/7) hingga Minggu malam (26/7).

"Gelombang kedua arus balik diprediksi akan terjadi pada Jumat 24 Juli hingga Minggu 26 Juli 2015," kata Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya, Hudaya Arryanto dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Hudaya mengatakan prediksi itu terlihat dari makin banyaknya volume kendaraan yang melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan seusai gelombang pertama arus balik yang terjadi pada Minggu (19/7) hingga Selasa (21/7).

Untuk itu, sebagai antisipasi dalam menghadapi kepadatan arus balik, pengelola menyiapkan 18 gardu tol arah Jakarta dan lima gardu tol arah Cirebon serta meningkatkan koordinasi dan pengaturan lalu lintas dengan petugas kepolisian setempat.

Selain itu, pengelola juga mengerahkan petugas tambahan di beberapa gardu tol untuk mempercepat layanan pembayaran, serta menambah petugas jemput bola untuk melakukan penukaran uang kecil dan penyesuaian operasional gardu tol.

"Untuk pengaturan buka tutup gardu kami koordinasikan dengan pihak kepolisian dan disesuaikan dengan kondisi lalu lintas. Untuk lebih mempercepat waktu transaksi, kami juga menghimbau para pengendara untuk menyiapkan uang pas dan kartu tol-nya sebelum memasuki gerbang tol," kata Hudaya.

Ia menambahkan, pengelola juga telah menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas dengan mengalihkan arus kendaraan ke jalur alternatif Subang-Sadang, sebagai antisipasi apabila terjadi kepadatan lalu lintas menjelang gardu tol arah Jakarta.

"Bila antrian kendaraan dari arah Palimanan yang keluar melalui gerbang tol Cikopo sudah panjang, maka arus akan dialihkan keluar melalui gerbang tol Kalijati di KM 98. Dari Kalijati, kendaraan dapat mengikuti jalan nasional Subang-Sadang lalu masuk tol Purbaleunyi dan tol Cikampek menuju Jakarta," tambah Hudaya.

Hudaya mengingatkan, sejak Kamis (23/7) pukul 00.00 WIB, tarif jalan tol Cikopo-Palimanan telah kembali ke tarif normal.

Untuk kendaraan golongan I jarak terjauh (dari Palimanan ke Cikopo) kembali menjadi Rp96.000.

Sementara itu, berdasarkan pantauan dari laman TMC Polda Metro Jaya hingga Jumat sore, sempat terjadi kecelakaan mobil Avanza di KM 100 tol Cikopo-Palimanan arah Jakarta pada pukul 15.15 WIB yang sempat mengganggu arus lalu lintas namun para petugas telah melakukan penanganan. 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015