Karawang (ANTARA News) - Arus balik pemudik bermotor menuju arah Jakarta yang melintasi jalan arteri Kabupaten Karawang, Jawa Barat, ramai lancar sepekan setelah Lebaran atau pada H+7.

Pantauan Antara, Jumat memperlihatkan arus lalu lintas di sepanjang jalan arteri Karawang cenderung lancar.

Sejak Jumat pagi hingga sore, para pemudik bermotor yang akan balik ke Jakarta dan sekitarnya masih cukup banyak yang melintasi jalan arteri Karawang. Tetapi tidak sampai terjadi kemacetan.

Para pemudik bermotor yang akan balik ke Jakarta "mengalir" dari arah Cirebon menuju Jakarta di sepanjang jalan arteri Karawang. Sama halnya saat mudik, pada arus balik, mereka cukup banyak membawa barang yang disimpan di bagian depan dan belakang sepeda motornya.

Di sepanjang jalan arteri Karawang, para pemudik bermotor yang balik ke Jakarta dan sekitarnya melintas dengan kecepatan tinggi. Sebab, kondisi arus lalu lintas pada H+7 cukup lancar.

Kapolres Karawang AKBP Daddy Hartadi mengatakan, hingga sepekan setelah lebaran, masih cukup banyak pemudik yang akan balik ke Jakarta melintasi jalan arteri Karawang. Meski demikian, arus lalu lintas terpantau lancar.

Ia mengatakan, secara umum pelaksanaan mudik-balik lebaran tahun ini berjalan lebih baik dibandingkan pada tahun sebelumnya. Salah satu indikatornya, yaitu angka kecelakaan yang menurun tajam dibandingkan tahun lalu.

"Angka pastinya masih dalam pendataan. Pastinya, kasus kecelakaan turun hingga 50 persen dibandingkan dengan musim lebaran tahun-tahun sebelumnya," kata dia. 

Pewarta: M Ali K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015