Jalur wisata mulai ramai H+1 sampai H+7 seperti di jalur Anyer, Carita dan Tanujung Lesung"
Serang (ANTARA News) - Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafli Amar menyatakan arus mudik dan balik Lebaran 2015 di provinsi itu secara umum relatif aman dan lancar.

"Pelayanan arus mudik dan balik sejauh ini sudah maksimal, termasuk di jalur wisata yang terus meningkat, meskipun masih tetap ada angka kecelakaan dan kejahatan," katanya di Serang, Senin.

Ia menjelaskan sejauh ini angka kecelakaan sebagian besar terjadi bukan di jalur utama mudik, melainkan di jalur-jalur daerah seperti di jalan kabupaten/kota. Kecelakaan lebih disebabkan karena kekuranghati-hatian dari pengendara, terutama kendaraan roda dua.

"Angka pasti jumlah kecelakaan lalu-lintas ini masih kami data. Namun sepertinya cenderung menurun, terutama di jalur mudiknya," kata Kapolda Banten usai halal-bihalal bersama Plt Gubernur Banten Rano Karno.

Sedangkan tingkat kemacetan masih terjadi terutama di jalur wisata menuju Pantai Anyer, Carita sampai Tanjung Lesung. Kemacetan disebabkan karena peningkatan volume kendaraan yang tidak seimbang dengan peningkatan infrasteuktur jalan.

"Jalur wisata mulai ramai H+1 sampai H+7 seperti di jalur Anyer, Carita dan Tanujung Lesung," kata Boy Rafli Amar.

Sedangkan kecelakaan perairan saat libur lebaran menyebabkan satu orang meninggal dunia wisatawan asal Bekasi, saat berenang di Pantai Pasir Putih Anyer.

"Pada sat berenang tiga anaknya selamat. Sedangkan ayahnya meninggal," katanya.

Pihaknya berharap, Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/kota meingkatkan infrastruktur jalan seiring dengan pesatnya pertumbuhan kendaraan setiap tahunnya. Sehingga jika pertumbuhan kendaraan diimbangi dengan peningkatan infrastruktur jalan, bisa sedikit mengurangi kemacetan terutama di jalur wisata.

"Memang di jalur wisata ini ramainya pada momen-momen tertentu saja seperti libur akhir pekan, tahun baru dan hari raya. Namun alangkah lebih baiknya kalau jalan itu di lebarin, karena selama ini trotoar untuk pejalan kaki saja seperti di Anyer tidak ada," kata Kapolda.

Pihaknya juga berharap pemerintah melakukan penataan atau penyediaan kantong-kantong parkir di jalur wisata di Pantai Anyer dan Carita.

Pewarta: Mulyana
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015