Dinkes Makassar awasi jasa katering selama Ramadhan

Minggu, 19 Juni 2016 21:03 WIB
3.211 Views
Dinkes Makassar awasi jasa katering selama Ramadhan
Ilustrasi--Sejumlah warga saat membeli makanan takjil di jalan Ahmad Yani, Kota Gorontalo, Senin (6/6/2016). Saat bulan ramadan, ratusan pedagang takjil musiman bermunculan disejumlah pusat keramaian warga dan pinggiran jalan protokol. (ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/pd/16)
Makassar (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kota Makassar terus melakukan pengawasan terhadap sejumlah panganan berbuka puasa termasuk binis katering atau jasa boga selama ramadhan.

"Kami terus mengawasi setiap jasa kartering yang menyediakan makanan siap saji. Meski belum ada kasus keracunan tapi Dinkes tetap mengantisipasi atas semua kemungkinannya," sebut Kepala Dinkes Makassar Naisyiah T Azikin di Makassar, Minggu.

Menurut dia maraknya menu buka puasa yang saat ini menjamur termasuk jasa katering di Makassar, Sulawesi Selatan, tentu menjadi perhatian Dinkes untuk melakukan pengawasan, meski kasus belum ada tetapi langkah-lankah antisipatif terus dilakukan.

"Tim yang bertugas di lapangan akan memeriksa sampel makanan untuk diuji apakah sudah layak atau tidak. Bahkan tim juga mengunjungi katering-katering untuk memastikan alamatnya, kalau salah-salah tentu kita tindak," bebernya.

Kendati saat ini ada banyak katering yang belum mendapatkan izin, kata dia, inilah yang diawasi secara ketat apakah makanan yang disajikan saat berbuka itu sudah sehat, aman dan higienis dikonsumsi.

"Sanksinya jelas bila ditemukan melanggar, penutupan katering sampai manajemen katering sudah sesuai. Bila masih melanggar akan mendapat proses hukum karena merugikan orang serta berdampak pada kesehatan orang yang mengkomsumsinya," tegas Naisyiah.

Selain itu pihaknya menghimbau agar masyarakat meski teliti dan tetap waspada akan makanan dan jajanan berbuka yang tidak higienis karena akan berdampak pada kesehatan. Kalaupun ada makanan yang dianggap sangat murah, katanya menambahkan itu perlu diwaspadai.

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Berita Lainnya
Komentar
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Volume penumpang selama masa angkutan Lebaran 2017 di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto naik 15,29 persen dari tahun sebelumnya, kata Manajer Humas PT ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...