Jakarta (ANTARA News) - Operator Pelabuhan Merak PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry menyediakan 51 loket tiket untuk penumpang mudik Lebaran 2016, kata General Manager ASDP Cabang Merak Tommy Kaunang.

"Loket penumpang yang tersedia di Pelabuhan Merak sebanyak 51 loket. Khusus untuk penumpang tak berkendaraan ada 23 loket," kata Tommy dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Tommy mengatakan bahwa loket tiket untuk sepeda motor sebanyak 16 loket dan kendaraan roda empat ada 12 loket.

Selain yang berada di pelabuhan, kata Tommy, pemudik juga bisa membeli tiket kapal pada tiga loket yang tersedia di rest area Kilometer 43 dan tiga loket di rest area KM 68 tol Jakarta-Merak.

Ia mengatakan bahwa sebanyak 59 dari 62 kapal ferry siap beroperasi, sementara tiga kapal lainnya mengalami kerusakan dan sedang diperbaiki.

Kapasitas kapal ferry, kata dia, bisa menampung 500 sampai dengan 1.000 orang, sedangkan untuk kendaraan bisa mengangkut 70 hingga 200 kendaraan.

"Saya harap demi kenyamanan dan keamanan jangan sampai penumpang memaksa untuk tetap naik karena dapat menyebabkan kapal kelebihan muatan dan karam," ujarnya.

Pengelola Pelabuhan Merak juga tengah menyiapkan delapan toilet portabel untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang.

"Delapan toilet tersebut ditempatkan di sejumlah titik di Pelabuhan Merak yang juga disertai dengan ruang tunggu penumpang sebelum naik ke kapal ferry," katanya.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016