Surabaya (ANTARA News) - PT Pelabuhan Indonesia III bekerja sama dengan PT Pelni dan Perum Damri kembali menyediakan fasilitas mudik gratis khusus bagi sekitar 5.600 penumpang kapal laut dari pelabuhan-pelabuhan di Kalimantan dan Sulawesi ke berbagai tujuan di Pulau Jawa.

"Sekitar 5.600 pemudik kapal laut dari Pelabuhan Kumai, Sampit, Banjarmasin, Pontianak dan Balikpapan serta dari Pulau Sulawesi yang berangkat dari Pelabuhan Makassar akan difasilitasi Pelindo III dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas Semarang menuju tujuan akhir mudik di Pulau Jawa," kata Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Edi Priyanto di Surabaya, Minggu.

Ia mengatakan Pelindo III pada 2015 juga menyelenggarakan kegiatan serupa yang bertajuk "Yuk Pulang Kampung! - Mudik Gratis Bareng Pelindo III". Sekitar 5.000 orang mudik bareng Pelindo III mudik langsung ke kampung halamannya.

Sedangkan armada bus untuk mudik gratis tahun ini akan ditempatkan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, selama tujuh hari berturut-turut sejak H-7 hingga H-1 sebelum Hari Raya Idul Fitri 1437 H atau mulai tanggal 28 Juni hingga 5 Juli 2016.

Untuk bus keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, setiap hari akan tersedia 10 unit bus yang akan melayani 4 rute ke sejumlah kota Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember, Mojokerto-Jombang-Ngajuk-Madiun, Kediri-Tulungagung-Trenggalek, serta Lamongan-Bojonegoro-Cepu.

Untuk bus dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, tersedia 6 unit bus yang akan melayani empat rute menuju kota dengan rute Demak-Kudus-Pati, Temanggung-Wonosobo, Solo-Yogyakarta, dan rute pantura yang menuju Kendal-Pekalongan-Pemalang.

"Pemudik dapat langsung mendaftarkan diri begitu tiba di Pelabuhan kedatangan pada loket pelayanan mudik gratis dengan menunjukkan tiket kapal dan bukti identitas diri. Seluruh peserta Mudik Gratis Bareng Pelindo III juga dilindungi oleh asuransi yang ditanggung seluruhnya oleh Pelindo III." kata Edi menjelaskan.

Program yang diprakarsai Pelindo III tersebut juga menggandeng BUMN lain yaitu PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) selaku operator kapal penumpang dan Perum Damri untuk menyediakan armada bus.

Beberapa kapal penumpang PT Pelni yang penumpangnya turun di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dan akan langsung diantar ke beberapa kota tujuan di antaranya Kapal Tidar dan Gunung Dempo dari Pelabuhan Makassar, Kapal Kelimutu dari Pelabuhan Kumai, Kapal Labobar dan Nggapulu dari Pelabuhan Balikpapan serta Kapal Bukit Raya dari Pelabuhan Pontianak.

Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, pemudik yang diantar ke kampung halaman pada beberapa kota tujuan di antaranya dari Kapal Binaiya dari Pelabuhan Sampit, Kapal Egon dan Kelimutu dari Pelabuhan Kumai, Kapal Egon dari Pelabuhan Banjarmasin dan Kapal Lawit dari Pelabuhan Pontianak.

Jumlah kursi bus dan bagasi yang disediakan untuk mudik gratis sifatnya terbatas, sebanyak 10 bus yang disediakan di Pelabuhan Tanjung Perak dapat mengangkut sedikitnya 480 orang untuk setiap kapal. Untuk pemudik di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang disediakan sebanyak 6 bus bagi 288 orang pemudik yang turun di pelabuhan utama di Jawa Tengah tersebut.

"Program Mudik Gratis Bareng Pelindo III ini untuk memudahkan para penumpang kapal laut yang melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi darat hingga selamat sampai kota tujuan," ungkap Edi Priyanto seraya menambahkan bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi mudik gratis penumpang kapal laut yang diselenggarakan Pelindo III, bisa langsung mengakses ke website www.pelindo.co.id.

Pewarta: Slamet Hadi Purnomo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016