Lebak, Banten (ANTARA News) - Memasuki H-10 Lebaran, Stasiun Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, mulai ramai pemudik untuk pulang kampung lebih awal guna menghindari kepadatan penumpang seperti tahun sebelumnya.

Hari ini pemudik memadati areal Stasiun Rangkasbitung setelah kedatangan KA dari Stasiun Serpong, Kebayoran, Palmerah, Tanahabang, Duri dan Angke.

Kebanyakan pemudik bekerja di wilayah Tangerang dan Jakarta untuk berlebaran di kampung halamannya di Kabupaten Lebak, Pandeglang dan Serang.

Mereka dipastikan sudah menerima tunjangan hari raya (THR).

Salah seorang pemudik, Mulyanah (30), warga Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak mengaku mudik lebih awal karena tidak ingin terjebak kemacetan dan penumpukan penumpang.

Selain itu juga keuntungan mudik lebih awal bisa berkumpul dengan anggota keluarga dengan waktu panjang.

"Kami merasa senang bisa mudik ke kampung dengan membawa oleh-oleh Lebaran," kata Mulyanah usai turun dari KA Rangkasjaya.

Kosim (35) warga Cibadak Kabupaten Lebak mengaku dia dan tiga rekannya mudik lebih awal dengan alasan tidak begitu padat penumpang.

"Kami memilih mudik lebih awal dan malas jika mudik saling berdesakan,seperti tahun lalu," katanya.

Kepala Stasiun Rangkasbitung Andri mengatakan pihaknya menyiapkan sembilan kereta api dengan keberangkatan dan kedatangan melayani angkutan Lebaran 2016.

Pemberangkatan dari Stasiun Rangkasbitung menuju Serpong-Jakarta pukul 04.15 WIB dan berakhir pukul 15.30 WIB. Selain itu juga jurusan Rangkasbitung-Serang-Cilegon-Merak.

Dari sembilan KA ini, enam merupakan KA lokal dan tiga KA Ekpres seperti Rangkasjaya, Kalimaya dan Krakatau.


Pewarta: Mansyur
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016