Purwokerto (ANTARA News) - Ratusan warga Kelurahan Bancarkembar, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, memborong berbagai kebutuhan pokok masyarakat, terutama pakaian pantas pakai yang dijual saat pasar murah Majelis Taklim Masjid Al Barokah, Perumahan Bancarkembar.

Dari pantauan, ratusan warga tampak berjejal di halaman Masjid Al Barokah, Perumahan Bancarkembar, Kelurahan Bancarkembar, Kecamatan Purwokerto Utara, Banyumas, sejak Minggu pagi guna menunggu dibukanya kegiatan pasar murah di tempat itu.

Setelah Ketua Majelis Taklim Masjid Al Barokah Muhammad Affandi membuka kegiatan pasar murah pada pukul 09.30 WIB, warga yang telah lama menunggu langsung berhamburan menuju tenda-tenda yang menjual kebutuhan pokok masyarakat dengan harga murah itu, terutama tenda penjualan pakaian pantas pakai.

Warga tampak sibuk memilih pakaian pantas pakai yang dijual dengan harga berkisar Rp1.000-Rp7.000 per potong.

Salah seorang ibu rumah tangga, Parni, mengaku tidak masalah membeli pakaian pantas pakai yang dijual murah itu.

"Saya tidak mampu beli pakaian baru sehingga membeli beberapa potong pakaian bekas ini untuk dipakai saya dan anak-anak saat Lebaran. Pakaiannya masih bagus-bagus dan harganya murah," katanya.

Menurut dia, kegiatan pasar murah tersebut membantu warga miskin, termasuk dirinya, dalam memenuhi kebutuhan menjelang Idul Fitri 1437 Hijriah.

Ketua Majelis Taklim Al Barokah Muhammad Affandi mengatakan kegiatan pasar murah tersebut merupakan yang ke-11 kalinya diselenggarakan oleh Majelis Taklim Al Barokah setiap menjelang Lebaran.

"Mudah-mudahan yang akan datang lebih meningkat lagi. Secara kebetulan, Kelurahan Bancarkembar pada tahun ini tidak menyelenggarakan kegiatan pasar murah sehingga kami menyelenggarakannya di Masjid Al Barokah untuk membantu warga kurang mampu di wilayah Kelurahan Bancarkembar," katanya.

Selain menjual pakaian pantas pakai dengan harga murah, kata dia, kegiatan tersebut juga menyediakan paket sembako dengan harga Rp25.000 per paket atau lebih murah dari harga normalnya yang Rp52.000.

"Kami selalu bekerja sama dengan Perum Bulog dan jumlah paket sembako yang disediakan semakin meningkat setiap tahunnya meningkat, sebelumnya hanya 300 paket, tahun ini menjadi 400 paket," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Seksi Perencanaan dan Pengembangan Usaha Perum Bulog Subdivisi Regional Banyumas M. Priyono mengatakan pihaknya mengalokasikan sekitar dua ton beras, satu ton gula pasir, dan 400 liter untuk mendukung kegiatan pasar murah di Masjid Al Barokah, Perumahan Bancarkembar.

"Kami memang sudah lama bekerja sama dengan Majelis Taklim Al Barokah untuk menggelar pasar murah," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016