Palembang (ANTARA News) - Pengelola kafe dan restoran di Palembang, Sumatera Selatan menawarkan paket berbuka puasa bersama bagi warga kota setempat untuk tetap mempertahankan pendapatan akibat menurunnya jumlah pembeli selama bulan Ramadan.

Pantauan Antara di Palembang, Minggu, kafe dan retoran milik pengusaha lokal serta milik perusahaan wara laba di kawasan jalan Sumpah Pemuda, pusat perbelanjaan/mal Palembang Icon, Palembang Trade Center, Palembang Indah Mal, dan Palembang Square menyiapkan paket berbuka puasa dengan menu istimewa.

Salah seorang karyawan Kafe Fay Resto, David mengatakan, seperti biasanya setiap bulan Ramadan pihaknya menyiapkan paket berbuka puasa bersama untuk keluarga, rombongan karyawan perusahaan, dan kalangan remaja dengan tarif Rp45.000 hingga 90.000 per orang.

Sejak 6 Juni 2016 atau awal Ramadan 1437 Hijriah, kafe tempatnya bekerja itu mulai ramai dikunjungi tamu dari berbagai kalangan untuk berbuka puasa menikmati menu makanan dan minuman yang menjadi andalan tempat ini bersama keluarga, teman sekolah, kuliah, dan teman kerja.

Menu makanan yang paling diminati pengunjung di antaranya iga sapi bakar, ayam tulang lunak, dan pindang ikan patin, sedangkan minuman tersedia aneka jenis jus buah segar serta es campur, katanya.

Sedangkan salah satu kafe di mal yang cukup banyak diminati untuk berbuka puasa bersama seperti kafe Chopstix di mal bawah tanah kawasan Palembang Square.

Karyawan kafe lainnya di mal Palembang Icon, Yuli menjelaskan pihaknya menawarkan menu makanan yang sedikit berbeda dari pengelola kafe atau kedai kuliner sudah ada di Bumi Sriwijaya ini.

"Kami memiliki menu utama mie tarik dan daging sapi lada hitam, yang proses pembuatan dan memasaknya bisa dilihat secara langsung oleh masyarakat berkunjung ke mal ini," ujarnya.

Dody salah seorang pengunjung mal, sengaja membawa keluarganya berbuka puasa di mal ini karena tertarik dengan atraksi pembuat mie yang dengan gaya khasnya bisa menjadi hiburan sambil menunggu masuknya waktu berbuka puasa.

Proses pembuatan mie dengan cara ditarik-tarik oleh koki kafe menjadi tontonan menarik dan mendorong setiap orang yang melihatnya ingin mencicipinya.

"Atraksi pembuat mie sangat menarik karena pembuatnya seolah-olah menari sambil menarik adonan mie dan membantingnya hingga sepanjang satu meter, lalu dimasukkan ke panci rebusan sebelum dimasak menjadi aneka makanan lezat." ujar pengunjung.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016