Surabaya (ANTARA News) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Persero membagikan sebanyak 1.200 paket sembako gratis kepada para petugas kebersihan dan kaum dhuafa di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, sebagai bagian dari silaturahim antara perusahaan dengan para pekerja kebersihan.

"Para pekerja kebersihan ini ada, namun keberadaannya jarang terlihat oleh mereka yang selama ini bekerja dan ke luar masuk pelabuhan," katanya Direktur Utama Pelindo III Orias Petrus Moedak di Kantor Pusat Pelindo III, Surabaya, Senin.

Ia mengatakan paket sembako yang diberikan berisikan barang kebutuhan pokok seperti beras 2,5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter, sirup, mie instan 6 bungkus, biskuit, teh celup, minuman instan, dan permen.

"Kebersihan dan keteraturan di Pelabuhan Tanjung Perak selama ini tercipta berkat kerja keras para pekerja kebersihan, baik di darat maupun di perairan. Kebersihan dan keteraturan lingkungan pelabuhan mencerminkan pengelolaan yang baik dari pihak operator terminal," ucapnya.

Ketua Panitia Pembagian Sembako, Sudarman mengatakan kegiatan pembagian sembako secara gratis bagi buruh kebersihan di Pelabuhan Tanjung Perak yang dilakukan kali ini merupakan yang kesebelas kalinya.

Menurut Sudarman, selain petugas kebersihan, sembako juga diperuntukkan bagi petugas taman, tukang becak, dan dhuafa.

"Takmir Masjid Baitul Hakam yang ada di lingkungan kantor Pelindo III juga kami berikan paket sembako tersebut, yang," katanya.

Sementara itu, salah satu petugas kebersihan Muhtar mengaku senang dan mengapresiasi yang dilakukan Pelindo III, namun pihaknya berharap keberadaan truk pengangkut sampah di lingkungan pelabuhan perlu ditambah, karena saat ini kurang memadai.

Sebelumnya, Pelindo III juga melakukan kegiatan penjualan sembako murah di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Tengah dengan membagikan sebanyak 1.400 paket berisikan 10 kg beras, 2 liter minyak goring, dan 2 kg gula pasir.

Sembako di Kalimantan Tengah dijual kepada masyarakat seharga Rp25.000, namun harga paketannya sekitar Rp150 ribu, dan uang hasil penjualan sembako murah disumbangkan ke tempat ibadah di 14 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Tengah.

Pewarta: Abdul Malik
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016