Gresik (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Petrokimia Gresik, sebagai salah satu BUMN bidang pupuk membagikan bingkisan Lebaran kepada 1.300 pengayuh becak yang beroperasi di daerah ini, Selasa.

Sekretaris PT Petrokimia Gresik Wahyudi ditemui usai membagikan bingkisan di Gedung Sarana Olahraga Tridharma, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mengatakan pemberian bingkisan ini sebagai upaya perusahaan untuk berbagi kebahagian bersama tukang becak di sekitar perusahaan.

Wahyudi mengatakan total bantuan yang dibagikan mencapai Rp227,5 juta yang berasal dari dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Petrokimia.

"Bantuan yang kita berikan ini angkanya meningkat dibanding tahun 2016, yakni sebelumnya hanya membagikan bingkisan untuk 1.113 orang tukang becak dengan total anggarannya mencapai Rp173 juta," kata Wahyudi.

Sebelumnya, kata Wahyudi, Petrokimia juga menyalurkan bantuan operasional untuk masjid dan mushalla sebesar Rp445 juta, pondok pesantren dan panti asuhan Rp100 juta, pasar murah Rp1,1 miliar, dan santuan anak yatim sebesar RP360 juta.

"Setelah ini, kami masih ada beberapa kegiatan lain untuk warga sekitar. Seperti beasiswa prestasi, lomba futsal antar SMA, Petro Agrifood Expo, dan beberapa kegiatan lain," katanya.

Wahyudi berharap, kegiatan ini dapat memperingan beban pengayuh becak pada saat merayakan Lebaran, serta menjalin silaturahmi antara perusahaan dengan warga yang ada di lokasi sekitar perusahaan.

Sementara, seorang tukang becak yang ikut menerima bingkisan Aziz mengapresiasi yang dilakukan Petrokimia Gresik, sebab pembagian bingkisan ini adalah momen yang paling ditunggu masyarakat.

"Acara bagi-bagi bingkisan Lebaran inilah yang paling ditunggu para tukang becak pada setiap bulan Ramadhan dan mendekati Lebaran Idul Fitri karena kegiatan seperti ini berlangsung rutin setiap tahun," kata Aziz.

Sementara usai kegiatan pembagian bingkisan, para pengayuh becak tersebut membubarkan diri dengan tertib keluar area Gedung Tri Dharma.

Pewarta: Abdul Malik
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016