Tangerang (ANTARA News) - Ketua DPR Ade Komarudin mengecek kesiapan mudik di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten terkait kenyaman dan keamanan penumpang di bandara tersebut.

"Tadi kami mengecek dua hal utama untuk calon pemudik yang menggunakan pesawat pertama aspek kenyamanan penumpang, yang kedua aspek keamanan," kata Ade di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Rabu.

Ade Komarudin melihat seluruh pihak yang menyelenggarakan layanan transportasi udara, mulai dari otoritas bandara, dirjen perhubungan udara, petugas maskapai, teknisi pesawat, pilot, sampai dengan porter bandara.

Untuk aspek kenyamanan penumpang, Akom (panggilan Ade Komarudin) melihat kesiapan petugas dan bandara serta berbincang dengan petugas dan melihat fasilitas bandara.

"Kami ingin memastikan bahwa tidak ada lagi penundaan jadwal penerbangan, kalau terjadi keterlambatan apa yang harus dilakukan," ujarnya.

Mengenai fasilitas, politikus Partai Golkar ini tidak mau ada penumpang yang tidak bisa duduk di ruang tunggu, toiletnya bersih, dan lebih baik lagi kalau takjil disediakan bagi yang berpuasa.

Menurut dia, mengenai aspek keamanan, melakukan uji kelayakan, mengecek ban pesawat, baling-baling, dan bagian dalam pesawat, wajib ada pelampung, tabung oksigen harus bekerja, pemadam, dan seterusnya.

"Kami juga melihat catatan penerbangan, izin terbang pilot dan copilot serta memastikan dilakukan ramp check yang lebih regular menjelang puncak mudik yang diperkirakan terjadi Sabtu dan Minggu nanti," katanya.

Dia mengatakan, khusus mengenai keterlambatan ataupun penundaan penerbangan, dirinya mendorong maskapai lainnya untuk bekerjasama dengan perusahaan asuransi dan perbankan agar penumpang bisa klaim uangnya balik, jika tidak jadi terbang atau ditunda ke hari lain.

Dia mendorong maskapai lain mencontoh Garuda dan Citylink yang menggandeng Askrindo dan Bank BRI untuk menjamin penumpang jika terjadi penundaan penerbangan.

"Kunjungan saya ini lanjutan dari rangkaian kunjungan DPR mengecek kesiapan pemerintah melayani transportasi pemudik tahun ini. Kami mulai dari cek stasiun kereta api, korlantas, dan hari ini di bandara Soekarno Hatta, besok akan berkunjung ke terminal bus di Pulo Gadung dan Kampung Rambutan," ujarnya.

Ade mengatakan Bandara Soekarno Hatta dipilih untuk dikunjungi karena berdasarkan data Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub menyebutkan bahwa lebih dari 47 persen pemudik pesawat domestik di Indonesia dilayani di Bandara tersebut.

Selain itu menurut dia, dari sekitar 3,7 juta pemudik yang menggunakan pesawat tahun lalu, 1,7 juta terbang atau datang dari Bandara Soekarno Hatta.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016