Kami keluarga besar Karpowership ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa."
Manado (ANTARA News) - Karpowership, kapal pembangkit listrik yang beroperasi di Sulawesi Utara (Sulut), menggandeng Badan Amil Zakat (Baznas) untuk memperkuat kemitraan dengan masyarakat Amurang, ibu kota Kabupaten Minahasa Selatan.

"Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, sebagai bentuk kepedulian dan suka cita, PT Karpowership Indonesia sebuah perusahaan kapal pembangkit tenaga listrik, membagikan paket Ramadhan ke masyarakat Amurang," kata Director Karpowership Asia Region Karadeniz Holding, Ufuk Berk, di Manado, Rabu.

Dia mengatakan, sebanyak 200 paket yang berisi sembako untuk warga sekitar Kelurahan Ranoyapo, Kecamatan Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulut.

Paket Ramadhan itu berisi 10 bahan kebutuhan pokok, seperti sekilogram gula, 5 kg beras, 2 liter minyak goreng, dan sejumlah barang lain yang dibagikan kepada masyarakat.

Warga sekitar menyambut baik atas pemberian paket tersebut mengingat bahwa Karpowership merupakan pendukung atas pasokan listrik untuk wilayah Sulutenggo.

"Bagi umat Muslim, Ramadhan adalah saat yang sangat tepat untuk merenung, berserah diri, mengabdi dan membantu mereka yang membutuhkan. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen Karpowership Indonesia dalam menjalankan tanggung jawab sosial," ujarnya.

Ufuk berharap paket Ramadhan dapat bermanfaat bagi warga Jeranjang selama bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Kami keluarga besar Karpowership ingin mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa," katanya.

Ufuk mengemukakan paket Ramadhan ini tidak hanya dibagikan di wilayah di Kelurahan Ranoyapo, Amurang, tetapi juga di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain itu, menurut dia, diharapkan pula warga sekitar dapat menjalani ibadah selama Ramadhan dan Lebaran dengan khidmat.

Ia pun mengharapkan kegiatan seperti itu dapat berlangsung secara rutin di setiap tahunnya. Sekaligus ingin mengenal dan berbagi dengan warga sekitar kapal Karpowership dalam bulan suci Ramadhan yang akan segera berakhir ini.

Dalam pendistribusian paket Ramadhan itu Karpowership bekerja dengan Baznas dengan total 800 paket ke wilayah Amurang dan Lombok Barat.

Karpowership merupakan anggota dari Grup Energi Karadeniz, Istanbul, Turki. Grup ini adalah pelopor dalam proyek-proyek energy inovatif selama 20 tahun terakhir, dengan investasi di pasar domestic dan internasional.

Grup itu memulai investasi di bidang energi sejak 1996, dan menjadi eksportir listrik swasta pertama di Turki. Kini kelompok industri tersebut memiliki dan mengoperasikan lebih dari 1.800 Mega Watta (MW) kapasitas terpasang di hampir seluruh dunia.

Karpowership merupakan satu-satunya pemilik, operator, dan pembangun armada kapal listrik (pembangkit tenaga listrik apung) pertama di dunia.

Sejak 2010, sembilan kapal listriknya diselesaikan dengan kapasitas yang melebih 1.500 MW. Penambahan kapal listrik berkapasitas 6.000 MW baik sedang dalam pembangunan atau dalam jalur pipa.

Armada Karpowership sekarang ini menyuplai 15 persen kebutuhan Iraq Selatan, 27 persen kebutuhan Libanon, 22 persen kebutuhan Ghana, 32 persen kebutuhan Zambia, dan 31persen kebutuhan Sulawesi Utara.

Total pembangkit listrik Indonesia dengan tambahan empat kapal listrik dijadwalkan digunakan di seluruh kepulauan Indonesia pada tahun 2016. Pada hari ini, Karadeniz memiliki lebih dari 1.500 karyawan dan berkembang melalui proyek energi yang dapat diperbaharui, kapal listrik dan solusi pasokan energi inovatif lainnya.

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016