Solo (ANTARA News) - "Tempat Istirahat Copet", resmi didirikan di Terminal Bus Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Kamis, oleh aparat keamanan gabungan.

Menurut Kepala Polsek Banjarsari Kompol Wawan Purwanto, tenda untuk istirahat copet sengaja disiapkan di dalam Terminal Tirtinadi Solo, selama Lebaran diberikan untuk sindiran kepada pelaku pencopetan supaya tidak melakukan aksinya.

"Tenda tempat istirahat copet ini, dilakukan sejak sudah tiga tahun setiap menjelang Lebaran. Karena, pada Lebaran sebelumnya marak aksi pencopetan terjadap penumpang bus di kawasan ini," kata Wawan Purwanto.

Oleh karena itu, pihaknya membentuk suatu Satgas gabungan bersama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), petugas Linmas di Terminal Tirtonadi. Tim gabungan ini, mempunyai ide untuk menyediakan peristirahatan untuk pencopet.

"Kita tidak hanya menyediakan tempat istirahat untuk penumpang saja, tetapi juga pencopet. Jika copet memang ada langsung kita tangkap untuk diproses hukum," kata Wawan Purwanto.

Pihaknya menurunkan sebanyaknya tiga personel di kawasan Terminal Bus Tirtonadi tipe A ini, mereka bergabung dengan anggota lainnya termasuk TNI dan instansi terkait untuk berjaga di Pospam selama Lebaran.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Terminal Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto, mengatakan, sejak adanya tenda tempat istirahat copet sudah tidak ada lagi aksi pelaku pencopetan di terminal.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016