Palembang (ANTARA News) - Jumlah penumpang kapal cepat atau "jetfoil" tujuan Palembang-Bangka, Sumatera yang sebelumnya sempat merosot, kini menjelang Idulfitri 1437 Hijriah/2016 mulai mengalami peningkatan.

"Jumlah penumpang kapal cepat pada arus mudik sekarang ini mulai ada tanda-tanda peningkatan. Sekarang ini setiap jadwal pemberangkatan ada sekitar 200 penumpang atau di atas 50 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia 340 orang," kata petugas penjualan tiket kapal cepat Express Bahari, Robin di Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru Palembang, Jumat.

Robin menjelaskan, jumlah penumpang yang beberapa bulan terakhir sangat sepi di bawah 100 orang, diperkirakan akan terus meningkat hingga sehari sebelum Hari Raya Idulfitri yang diperkirakan jatuh pada 6 Juli 2016.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya jumlah penumpang dan paket barang yang diangkut menjelang hari besar keagamaan umat Islam itu mengalami peningkatan.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran 20i6 ini pihaknya menyiapkan satu unit kapal cadangan untuk mencegah adanya masyarakat pengguna jasa angkutan laut ini terlantar di pelabuhan, katanya.

Menurut Robin, dalam kondisi sepi selama ini, pihaknya hanya mengoperasikan satu unit kapal bahkan dalam tiga bulan terakhir pihaknya sempat membuat jadwal pelayanan secara bergilir dengan satu perusahaan pelayaran lainnya.

Perkiraan peningkatan jumlah pengguna jasa angkutan laut ini diharapkan bisa menjadi kenyataan, sehingga pengoperasian armada kapal dan pelayanan dapat dilakukan secara normal dua kali pemberangkatan setiap harinya, kata dia pula.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016