Cikarang, Bekasi (ANTARA News) - Petugas Jasa Marga Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengatakan arus mudik H-5 dari pukul 06.00 sampai saat ini tercatat 39.000 kendaraan atau setara dengan 15 persen yang mengarah ke Cikampek dan untuk Jakarta 34.000 pengguna jalan di ruas tol .

"Saat ini volume kendaraaan di Gerbang Tol Cikarang utama terlihat ramai lancar," kata Kepala Gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Hervian di Cikarang Utama, Jumat.

Menurut dia peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Cikampek diperkirakan pada esok hari atau H-4 Lebaran 1437H/2016.

Dari pantauan di tol Cikarang Utama belum terjadi kemacetan panjang diruas jalan. Ini dikarenakan masyarakat sekarang lebih kritis untuk menyikapi mudik lebarannya.

Ia menambahkan pada H-5 ini diprediksi 120.000 kendaraan di ruas jalan tol yang menuju ke Jawa Tengah. Kebanyakan pemudik melakukan perjalanan dimulai siang hari.

Ini dikarenakan, pemudik melakukan shalat jumat terlebih dahulu di mushola tempat peristirahatan sambil meregakan badan sejenak.

Tetapi arus mudik akan lebih meningkat pada malam hari hingga dini hari. Guna mengurai kemacetan ini Jasa marga akan berlakukan rekayasa lalu lintas.

Rekayasa lalu lintas yang digunakan adalah contra flow atau perlebaran jalan dengan mengambil satu jalur dari Jakarta, jika terjadi kemacetan panjang pada tempat istirahat sementara.

Lanjut Iwan mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu berhati-hati dan mengikuti rambu-rambu lalu lintas guna kepentingan bersama serta menghindari kecelakaan ataupum kemacetan yang semestinya tidak terjadi.

Bila pengemudi kelelahan agar berhenti di pos pengamanan atau tempat peristirahatan agar tercipta suasana kondusif dalam mengemukan kendaraannya.

Pewarta: Mayolus Fajar D
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016