Jakarta (ANTARA News) - Pihak Terminal Kalideres, Jakarta Barat, menyatakan jumlah armada masih tetap sama kendati mulai ada peningkatan jumlah pemudik di sana.

"Dari H-12 sampai H-6 kemarin sudah ada peningkatan signifikan tapi kami menilai masih bisa diakomodir oleh armada yang ada," kata Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain di kantornya, Jakarta, Jumat.

Revi menjelaskan 134 armada bus untuk jurusan Pulau Sumatera dan Pulau Jawa masih bisa menangani lonjakan penumpang yang sampai H-6 kemarin tercatat 1.909 pemudik.

"Jadi masih memadai dengan dilayani bus-bus reguler, nanti jika ada lonjakan kami koordinasikan dengan Perusahaan Otobis (PO) untuk mempersiapkan bus bantuannya," kata dia.

Pihak terminal sendiri, lanjut Revi, telah mengkoordinasikan 96 PO untuk mengirimkan masing-masing dua bus tambahan untuk membantu armada reguler yang ada,

"Tapi itu lihat kondisi lapangan karena hal itu terkait biaya operasional armada," katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun pihak terminal, untuk musim mudik tahun 2016 ini terjadi penurunan signifikan dibandingkan tahun 2015 lalu.

"Pada H-6 kemarin kita berangkatkan 1.909 penumpang berkurang sekitar 1.200-an dibanding tahun sebelumnya di angka 3.178 penumpang," tuturnya.

Menurut Revi penurunan tersebut dikarenakan adanya perubahan tren dari para pemudik yang lebih memilih pulang kampung menggunakan sepeda motor dan kendaraan pribadi serta ditambah maraknya digelar mudik gratis dari berbagai instansi dan perusahaan.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016