Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan atau Aher mengajak warga selepas silaturahim untuk menghabiskan liburan Idul Fitri 1437 Hijriah atau Lebaran 2016 ke sejumlah objek wisata di Jabar.

"Dengan libur Idul Fitri 2016 selama sepekan dan libur sekolah hingga (rata-rata) tanggal 18 Juli nanti, maka terbuka peluang menjajal banyak objek wisata di Tatar Pasundan ini," kata Ahmad Heryawan dalam siaran persnya di Bandung, Sabtu.

Berdasarkan data yang dihimpun, destinasi wisata di Jabar sedikitnya 1.480 objek yang telah diinvetarisasi, yang mana dari jumlah tersebut, 70 objek potensial tersebar di 27 kota dan kabupaten.

Dari jumlah objek wisata tersebut, kata Aher, rata-rata kunjungan wisatawan nusantara mencapai 35-40 juta orang per tahun sedangkan tingkat kunjungan wisatawan mancanegara mencapai satu juta orang per tahun.

"Sebagai provinsi yang besar, objek wisata alam, buatan, dan kombinasi keduanya, Jabar punya segalanya. Setelah silaturahmi, mari berwisata pada destinasi wisata Jabar," katanya.

Menurut dia, karunia Allah SWT membuat provinsi tersebut memiliki objek karunia yang demikian indah dan melimpah, baik di Jawa Barat bagian barat, selatan, tengah, dan utara, seluruh destinasi hadir dengan istimewa.

Ia menyebutkan sejumlah objek wisata andalan dalam libur Lebaran 2016 yang merepresentasikan unggulan tiap wilayah geografis dan cocok dikunjungi keluarga.

"Di Sukabumi ini saja sudah ada minimal dua tempat yang asyik buat dikunjungi yaitu Pantai Pelabuhan Ratu dan Geopark Ciletuh," katanya.

Aher lalu menyebutkan Gunung Tangkuban Perahu, yang merupakan salah satu gunung masih aktif di Indonesia dan di gunung itu, pengunjung dapat melihat kawah yang jumlahnya 10 buah.

Namun, di antara kawah Gunung Tangkuban Perahu tersebut ada tiga paling sering dikunjungi wisatawan, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas.

Di kawasan selatan Jabar, ada Kawah Putih yang berada di bawah kaki Gunung Patuha, Kabupaten Bandung dan kawah itu memiliki warna berubah-ubah apabila terkena sinar matahari.

Secara umum, kawah putih merupakan kawah berwarna kehijauan dan diselimuti kabut asap tipis serta mengandung belerang yang kuat.

Ia mengatakan tak jauh dari tempat itu, Situ Patengan yakni danau dengan luas sekitar 45.000 hektare dan berada di ketinggian 1600 mdpl.

Situ Patengan memiliki udara sejuk dan daya tarik selain pemandangannya yang indah, adalah pengunjung dapat naik perahu dan mengelilingi situ, termasuk ke Pulau Asmara dan Batu Cinta.

Ia mengatakan di Jawa Barat bagian barat, ada Kebun Raya Bogor yang merupakan tempat melestarikan aneka tumbuhan di Indonesia.

Kebun seluas 87 hektare dan memiliki koleksi pohon dan tumbuhan 15.000 jenis. Di tempat itu terdapat berbagai pohon dan tanaman khas Indonesia.

"Selain sejarahnya, Kebun Raya Bogor juga memiliki daya tarik lain, yaitu adanya bunga bangkai atau Amorphophalus titanum. Pada saat berkembang dan mekar bunganya, bunga ini menebarkan bau yang mirip bangkai. Namun munculnya bunga ini tidak setiap hari, hanya waktu-waktu tertentu saja," katanya.

Di Kota Bandung juga terdapat banyak objek, yakni mulai wisata kuliner, wisata alam, hingga destinasi buatan seperti Trans Studio Bandung, yang menawarkan berbagai macam wahana permainan yang dapat dinikmati anggota keluarga di area Bandung Supermal seluas 4,2 hektare.

"Untuk pantainya, Jabar punya Pantai Pangandaran, Pantai Pelabuhan Ratu, dan Pantai Ujung Genteng. Ketiganya memiliki pemandangan sangat bagus. Masing-masing memiliki beberapa topografi, mulai pantai curam sampai landai, tebing karang terjal, ombak laut sangat besar, hingga dilengkapi hutan cagar alam," katanya.

Di kawasan Jabar utara, kata Aher, pengunjung bisa wisata belanja batik Trusmi serta wisata kuliner di Cirebon hingga melihat penangkaran buaya di Blanakan, Subang, serta melepas lelah pada wisata alam seperti Pantai Patimban dan Pondok Bali.

Untuk masalah keamanan, Aher menegaskan agar masyarakat tidak usah terlalu terpengaruh dengan adanya pemboman di Solo ataupun Arab Saudi.

"Tidak usah khawatir, insya Allah di Jawa Barat, Polda, TNI dan semua stake holder menjamin keamanan masyarakat dari gangguan keamanan termasuk terorisme. Makanya kita saya bilang siaga satu. Bukan berarti mencekam, tapi maksudnya adalah kita mengamankan sekuat tenaga agar tetap aman," ujarnya.

Ia mengatakan Jawa Barat adalah bagian dari Indonesia yang harus disyukuri karena sebagai wilayah terpadat di Indonesia dengan memiliki rasa aman yang tinggi. 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016