Jakarta (ANTARA News) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto menyatakan akan mengevaluasi masalah macet total yang terjadi saat arus mudik Lebaran 2016 di Tol Pejagan dan Brebes Timur Jawa Tengah.

"Lebih baik memperbaiki kekurangan yang terjadi," kata Irjen Polisi Agung Budi Maryoto di Jakarta Sabtu malam.

Agung mengatakan seluruh pihak terkait tidak perlu saling menyalahkan kejadian macet total saat puncak arus mudik yang terjadi pada pekan lalu tersebut.

Berdasarkan evaluasi sementara, polisi jenderal bintang dua itu mengungkapkan macet total arus lalu lintas disebabkan kekurangan sarana dan prasarana pendukung, serta pengendara yang tidak menaati petunjuk petugas di lapangan.

"Tol bukan pelintasan kecil namun sebagian besar masyarakat melintasi jalur tol," ujar Agung.

Selain itu, gerbang keluar Brebes Timur terdapat pintu perlintasan kereta api yang setiap 20 menit sekali dibuka-tutup sehingga memperlambat arus kendaraan.

Agung berharap pembangunan jembatan di sekitar pintu keluar Brebes Timur dipercepat guna memperlancar arus kendaraan yang melewati pintu perlintasan kereta api tersebut.

Agung juga menerima informasi sejumlah pengendara tidak mengikuti arahan petugas di lapangan guna mengurangi kepadatan arus lalu lintas.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016