Singkil, Aceh (ANTARA News) - Pedagang kelapa muda di Kabupaten Aceh Singkil setiap sore selama bulan suci Ramadhan diserbu pembeli, karena komoditas tersebut menjadi salah satu menu favorit dalam berbuka puasa.

Nanda, pedagang kelapa muda di Jalan Bahari, Singkil, Selasa menyatakan, kelapa muda masih menjadi menu favorit, karena airnya selain manis rasanya, diakui cepat menghilangkan rasa haus dan dahaga, sehingga setiap sore warung-warung kelapa muda selalu ramai dikerumuni pembeli.

Pada umumnya pembeli adalah masyarakat yang berjalan-jalan sore (ngabuburit) mencari minuman dan makanan berbuka di luar rumah dengan kendaraannya.

Kelapa muda benar-benar menjadi menu minuman pilihan favorit untuk berbuka puasa bagi warga di Singkil dan sekitarnya, sehingga permintaanya selama bulan Ramadan meningkat hingga 100 persen, katanya.

"Kelapa muda ini sangat diminati warga sebagai menu favorit terutama bagi mereka yang melaksanakan puasa Ramadan untuk santap menu minuman berbuka," ujarnya.

Pantauan di lapangan, penjual kelapa muda selama bulan Ramadan cukup ramai menjajakan dagangannya, di antaranya di Jalan Merdeka Desa Pasar, Jalan Bahari Pulosarok dan Ujung di Kecamatan Singkil bahkan di setiap desa di Aceh Singkil.

"Kelapa muda memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan, menyegarkan kembali tubuh dan cepat menghilangkan rasa dahaga. Makanya, kelapa muda ini banyak peminatnya," kata Nanda.

Harga kelapa muda Rp8.000 hingga Rp10.000/buah pakai sirup dan es batu, namun apabila tanpa es dan sirup hanya Rp6.000/buah.

Sejumlah pedagang mengaku pendapatannya meningkat selama bulan Ramadhan dibanding hari-hari biasa. Diperkirakan keramaian ini akan berlanjut sampai berakhirnya Ramadhan.

Penjual es kelapa muda terlihat sudah mulai menjamur menjelang berbuka puasa di sepanjang jalan wilayah di Kota Singkil - Rimo dan sekitarnya. Terlihat mereka menjajahkannya mulai pukul 15.00 WIB hingga 19.00 WIB. Harga es kelapa mudanya pun cukup standar, yakni Rp Rp8.000 hingga Rp 10.000 per buah plus sirup dan es.

"Ini merupakan berkah tersendiri di bulan Ramadhan, es kelapa muda banyak peminat dan menjadi menu favorit dimusim panas ini.

Nanda mengatakan setiap harinya, mulai sore hingga malam hari bisa terjual hingga 40-50 perbungkus, sedangkan keuntungan bisa Rp500 hingga Rp1.000 per bungkus atau perbuah, kata Halim, penjual es degan di Jl Panglima Sudirman.

Ditanya tentang stok buah akar serabut itu, para pedagang menyatakan stok buah cukup yang dipasok dari petani lokal, seperti dari Singkil, Rimo, Pulau Banyak, bahkan bila stok buah habis dipasok dari Aceh Selatan sehingga kebutuhan pembeli selalu teratasi.

Pewarta: Anwar
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017