Jakarta (ANTARA News) - Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan secara lancar tak hanya sebatas niat tetapi harus dibarengi usaha.

Ahli gizi klinis dari salah satu rumah sakit di Dubai, Sakina Mustansir, memberikan beberapa tips merencanakan aktivitas selama bulan suci Ramadan, agar kita lebih fokus dan disiplin menjalankan puasa.

1. Siapkan makanan Anda

Konsumsi lah makanan kaya protein seperti daging, kacang polong, telur, dan produk susu dalam setiap menu Ramadan untuk menuntaskan rasa lapar Anda.

Makanan kaya protein bukan hanya penting untuk sel tubuh Anda, tetapi juga meningkatkan tingkat kenyang Anda.

Selain itu, coba lah untuk mengonsumsi lima porsi atau lebih buah dan sayuran untuk membantu tubuh tetap terhidrasi. Beberapa buah dan sayuran yang sangat dianjurkan meliputi semangka, apel, tomat, mentimun dan selada.

2. Rencanakan diet sehat dan seimbang
Caranya, dengan membelah piring Anda, menjadi tiga bagian - seperempat piring diisi dengan karbohidrat kompleks; seperempat lagi dengan alternatif semisal daging tanpa lemak atau daging. Lalu setengah piring lagi dengan sayuran dan buah.

3. Latihan fisik
Berolahraga setidaknya satu jam sebelum berbuka puasa sehingga Anda bisa segera merehidrasi tubuh Anda.

4. Periksa urine
Saat buang air kecil, periksa warna urine Anda agar tahu apakah tubuh terhidrasi atau tidak. Semakin gelap warna urine menunjukkan tubuh kekurangan asupan cairan.

5. Hindari kafein

Menjauhkan diri dari minuman berkafein seperti teh dan kopi, merupakan salah satu langkah tepat. Minuman berkafein bisa memicu Anda dehidrasi.

6. Vitamin B saat sahur
Saat sahur konsumsilah vitamin B kompleks seperti neurobion untuk menjaga tubuh Anda berenergi saat puasa.

7. Hentikan kebiasaan buruk seperti merokok
Ini kesempatan baik untuk berhenti merokok dan mempertahankan gaya hidup yang baik, bahkan setelah bulan Ramadan. Demikian seperti dilansir Khaleej Times.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017