KBRI London adakan pengajian dan ceramah Ramadhan

Selasa, 6 Juni 2017 04:24 WIB
1.786 Views
KBRI London adakan pengajian dan ceramah Ramadhan
Rizal Sukma. (rsis.edu.sg)
London (ANTARA News) - KBRI London bekerjasama dengan Pengajian Masyarakat Indonesia-London mengadakan Pengajian dan Ceramah Ramadhan yang dihadiri Dubes RI di London Dr Rizal Sukma beserta segenap Staf KBRI London, di Wisma Nusantara London, kediaman resmi dubes London, pada akhir pekan.

Pengajian Masyarakat Indonesia-London, juga dihadiri perwakilan BUMN dan BUMS, kalangan pelajar dan mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di Inggris dan masyarakat Indonesia yang berjumlah lebih dari 250 orang, demikian Fungsi Pensosbud KBRI London, Dethi Silvidah Gani kepada Antara London, Selasa.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dan saritilawah oleh anggota Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) UK, dilanjutkan dengan sambutan Dubes RI untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia, Dr. Rizal Sukma yang menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh staf KBRI London dan Pengurus Pengajian Masyarakat Indonesia-London atas penyelenggaraan kegiatan Pengajian dan Ceramah Ramadhan tersebut.

Dubes Rizal Sukma menekankah kegiatan tersebut dapat dijadikan sarana untuk mempererat silaturahmi di antara berbagai komponen masyarakat Indonesia yang berada di Inggris di samping sebagai upaya meningkatkan amal ibadah selama bulan Suci Ramadhan.

Acara Ceramah Ramadhan diisi oleh Dr. Karim Suryadi yang didatangkan dari Indonesia untuk mengisi kegiatan selama bulan Ramadhan di Inggris mulai dari tanggal 30 Mei sampai tabggal 27 Juni mendatang.

Pada ceramah yang diberi judul "Memilih Jalan Hidup", Dr. Karim menerangkan mengenai prinsip-prinsip ajaran Islam secara umum yang dimuat dalam Al-Quran dan Hadist sebagai tuntunan dalam menjalani kehidupan.

Ditambahkan bahwa pemahaman yang benar mengenai hal ini sangat penting agar kita tidak mudah terpengaruh oleh berbagai pandangan dan pemikiran yang tidak sesuai dengan aturan hidup sebagai seorang Muslim. Setelah penyampaian Ceramah Ramadhan, hadirin diberikan kesempatan untuk menyampaikan berbagai pertanyaan baik yang berkaitan langsung dengan topik yang disampaikan ataupun hal lainnya.

Tepat pada pukul 21.13 waktu British Summer Time (BST) seluruh hadirin berbuka bersama dengan sajian pembuka kurma, naga sari dan kolak candil.

Setelah itu, seluruh hadirin melaksanakan Sholat Maghrib berjamaah, bertindak sebagai Imam, Dr. Karim Suryadi. Beberapa saat kemudian, hidangan makan malam dengan menu khas Indonesia diantaranya opor ayam dan telur balado.

Kegiatan Pengajian dan Ceramah Ramadhan yang meliputi pendalaman studi Islam untuk anak-anak dan remaja serta pengajian khusus untuk ibu-ibu, merupakan program tahunan yang diadakan KBRI London bekerja sama dengan Pengajian Masyarakat Indonesia-London dan sejumlah kelompok pengajian di Inggris. Kegiatan ini mendapat sambutan dari Masyarakat Indonesia yang tinggal di Inggris karena memiliki nilai pendidikan dan pembinaan sosial yang baik dan bermanfaat.



Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...
Volume penumpang selama masa angkutan Lebaran 2017 di wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto naik 15,29 persen dari tahun sebelumnya, kata Manajer Humas PT ...
Pemudik membanjiri pusat oleh-oleh tiwul dan gatot di Jalan Wonosari-Baron Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memborong makanan khas wilayah ini. Meskipun ...
Sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta mengalami peningkatkan jumlah kunjungan selama libur Lebaran.Salah satunya adalah pusat perbelanjaan yang berada di Jakarta Selatan, Mall ...
Pemimpin Pondok Pesantren Abdurrahman Wahid Soko Tunggal KH Nuril Arifin Husein mengajak umat Muslim untuk menyebarkan perdamaian dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri."Kita ...