Sebenarnya tiket mudik dan balik gratis menggunakan kapal cepat tujuan Pulau Raas ini total keseluruhan tiket mudik 1.080 dan balik juga 1.080, sehingga total keseluruhan 2.160 tiket
Situbondo (ANTARA News) - Tiket gratis kapal cepat dari Pelabuhan Feri Jangkar Situbondo menuju Pulau Raas, Kabupaten Sumenep Madura, Jawa Timur, habis pada hari pertama pendaftaran.

"Pendaftaran mudik gratis menggunakan kapal cepat program Dinas Perhubungan Kabupaten Situbondo dan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, dibuka sejak 5 Juni 2017 dan pada hari itu habis diserbu pendaftar," kata Kepala Pelabuhan Feri Jangkar Situbondo Juni Dwi Hanggoro di Situbondo, Selasa.

Ia menyebutkan, jumlah warga yang mendaftarkan diri memanfaatkan mudik gratis kapal cepat tersebut mencapai 1.080 orang untuk tiga kali pemberangkatan atau tiga trip dari Pelabuhan Feri Jangkar Situbondo menuju Pulau Raas, Kabupaten Sumenep Madura.

Menurut dia, sebanyak 1.080 pendaftar (penumpang) akan dibagi tiga kali pemberangkatan atau tiga trip tujuan Jangkar - Raas pada 17 hingga 18 Juni 2017 dan pada 3 hingga 4 Juli 2017.

"Sebenarnya tiket mudik dan balik gratis menggunakan kapal cepat tujuan Pulau Raas ini total keseluruhan tiket mudik 1.080 dan balik juga 1.080, sehingga total keseluruhan 2.160 tiket. Dan kapasitas kapal cepat khusus angkutan orang satu kali berangkat 360 penumpang," ucapnya.

Juni menjelaskan, mayoritas pendaftar mudik gratis kapal cepat rute Jangkar - Raas itu dari warga Pulau Raas yang selama ini merantau ke Pulau Bali. Namun sebagian juga pendaftar berasal dari beberapa kota di Pulau Jawa yang akan merayakan Lebaran.

"Untuk calon penumpang yang mendaftar menyerahkan kartu identitas diri (KTP-e) dan juga kartu keluarga (KK). Sedangkan tiketnya tidak kami langsung serahkan saat mendaftar tetapi akan diserahkan nanti saat calon penumpang akan diberangkatkan sesuai jadwal yang ditentukan," tuturnya. 

Pewarta: Novi Husdinariyanto/Zumrotun Solichah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017